4 Tempat Wisata Balikpapan yang Unik untuk Rekreasi

Tempat Wisata di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi – Kota Balikpapan rupanya  lebih dikenal sebagai Kota Minyak. Hal ini karena di wilayah tersebut memiliki banyak sumber daya minyaknya yang tinggi. Lokasinya di Kalimantan Timur yang memang disebuat sebagai penompang ekonomi terbaik di Indonesia. Maka tak heran, jika Kota Balikpapan seringkali dikunjungi oleh kalangan pebisnis maupun para wisatawan.

Namun taukah anda jika Kota Balikpapan mempunyai kualitas udara cukup baik daripada kota besar lainnya di tanah air. Apalagi menariknya, kota ini memiliki beragam tempat wisata yang indah. Ada banyak objek wisata, mulai dari pantai, kawasan pegunungan hingga arena hutannya. Nah, di bawah ini adalah tempat wisata di Balikpapan yang wajib dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi

Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip yang memiliki luas sekitar 5 hektar sehingga layak untuk anda sambangi sebagai tempat berlibur. Di kawasan inilah, terdapat lebih dari 1.500 ekor buaya bahkan kandang ular dan monyet. Bukan hanya itu, ada pula gajah Lampung yang siap menemani para pengunjung untuk berkeliling di arena Penangkaran Buaya Teritip. Jika anda ingin menikmati suasana liburan yang berbeda, maka bisa menikmati kuliner ekstrim. Apabila akhir pekan berkunjung, pastikan anda mencicipi sate buaya sekaligu membeli souvenir dari kulit buaya.

Hutan Wanawisata
Hutan Wanawisata merupakan salah satu kawasan hutan lindung yang cocok digunakan sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Di tempat wisata ini juga banyak sekali pepohonan khas Kalimantan sehingga memiliki kesejukan tersendiri. Namun anda mesti membawa bekal makanan karena di lokasi wisata tidak ada penjual makanan. Ada hal yang dapat anda lakukan di sini, yakni melakukan jogging maupun trekking dengan menjelah hutan. Menariknya Hutan Wanawisata bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dari jantung Kota Balikpapan.

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Tempat wisata tersebut adalah hutan hujan tropis yang masih alami sehingga pas untuk liburan keluarga. Di Bukit Bangkirai tentu saja banyak terdapat pohon bangkirai, bahkan ada pohon bangkirai yang berusia 150 tahun dengan tinggi mencapai 50 meter dan diameter batangnya 2.3 meter. Menariknya lagi, terdapat canopy bridge yang menghubuungkan lima pohon bangkirai. Jembatan tersebut rupanya terbuat dari kabel dengan dasar papan dan dinding berjala dengan  panjang 64 meter dan tinggi 30 meter.

Kampung Atas Air Margasari

Satu lagi tempat wisata yang sayang dilewatkan begitu saja adala Kampung Atas Air Margasari. Uniknya, di kawasan ini anda bisa merasakan Venice ala kota Balikpapan.  Pasalnya hampir seluruh rumah terbuat dari kayu dan berada di atas air, transportasi yang digunakan yakni perahu motor. Perkampungan yang satu ini dibangun pada tahun 2000 sebagai tempat wisata kebanggaan pemerintah kota, lantaran dianggap sukses membangun sebuah kampung wisata.

Demikian ulasan singkat mengenai Tempat Wisata di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi. Semoga saja informasi di atas dapat menjadi referensi terbaik untuk perjalanan wisata anda selanjutnya.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *