5 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung

Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung – WHO atau World Health Organization menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah salah satu yang paling banyak membunuh manusia di dunia. Pendita penyakit jantung saat ini tidak hanya dimonopoli lansia saja, namun kalangan muda juga sudah banyak yang menderita penyakit ini. jika sudah terlanjut teridentifikasi penyakit jantung maka konsumsi berbagai makanan sehat agar penyakit ini tidak kian parah. Penyakit jantung termasuk salah satu yang rentan komplikasi sehingga memerlukan perawatan yang baik.

Banyak pantangan makanan bagi penderita jantung namun banyak pula makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Pada dasarnya, penyakit jantung disebabkan karena aliran pembuluh darah dalam jantung yang tidak normal. selain itu penyempitan pembuluh darh karena kolesterol dan lemak jahat juga menjadi sebab penyakit ini. maka dari itu penting memilih makanan yang baik melancarkan aliran darah dan menurunkan kolesterol jahat. Berikut ini beberapa contoh makanan sehat bagi penderita jantung.

Yoghurt Makanan Sehat Jantung

Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung

  1. Youghurt

Banyak penelitian yang menyimpulkan youghurt adalah makanan sehat yang baik melindungi jantung dan pembuluh darah. Selain itu youghurt juga memiliki serat yang tinggi untuk melancarkan pencernaan dan aliran darah. Youghurt kaya vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga jantung menjadi lebih sehat karena organ kardiovaskular menjadi lebih sehat dengan nutrisi yang ada pada youghurt.

  1. Kismis

Didalam kismis terkandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi memerangi pertumbuhan bakteri penyebab peradangan dan pembengkakan pembuluh darah. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kesehatan jantung anda. konsumsi kismis secara teratur agar kesehatan jantung terjaga.

  1. Biji-bijian

Orang yang sering mengkonsumsi biji-bijian memiliki resiko lebih rendah terkena gangguan jantung. Hal ini disebabkan didalam biji-bijian seperti kacang tanah, kacang hijau, dsb terdapat pitosterol, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan alami ini sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko jantung koroner. Didalam biji-bijian tersebut juga terdapat kandungan serat yang tinggi yang bermanfaat melarutkan kadar kolesterol jahat.

  1. Ikan salmon

Konsumsi ikan salomn 2-3 porsi setiap minggunya, maka anda miliki resiko lebih kecil terkena jantung koroner. Ikan salom memiliki lemak omega 3 yang tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah detak jantung yang tak teratur. Selain ikan tersebut, kandungan omega 3 juga banyak terdapat pada minyak canola, biji ramu dan biji kenari.

  1. Coklat hitam

Banyak penelitian pula yang menyebutkan coklat hitam adalah makanan yang menyehatkan jantung. Didalamnya terdapat flavonoid yang bermanfaat baik meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki efek pengencer darah. Hal inilah yang membuat kerja jantung lebih ringan. Coklat hitam tanpa pemanis dan perasa tambahan juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah diabetes tipe 2 beserta komplikasinya.

Dengan makanan-makanan sehat diatas, anda bisa merawat kesehatan jantung anda. konsumsi secara teratur agar resiko penyakit jantung yang semakin parah bisa dicegah.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *