Bisnis Usaha Cuci Motor

Bisnis Usaha Cuci MotorBisnis Usaha Cuci Motor – Jaman sekarang, banyaknya rutinitas dan kesibukan membuat banyak orang tidak sempat untuk mencuci sendiri kendaraan motor dan mobil miliknya. Dikarenakan pekerjaan ini untuk sebagian orang merupakan pekerjaan yang membuang waktu. Disamping itu, kalau mencuci sendiri tidak menjamin kebersihan kendaraan  karena kurangnya perlengkapan  seperti mesin kompresor.

Permasalahan tersebut menurut saya bisa menjadi peluang bisnis sampingan bagi anda. Untuk memulai peluang bisnis usaha cuci motor dan mobil ini, Anda tidak perlu memiliki modal yang banyak dan juga tidak memerlukan pengelolaan yang kompleks. Mudahnya kalau anda mempunyai lahan sendiri atau anda juga bisa menyewa tempat dengan sistem bagi hasil ( waralaba ).

Hal-hal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis usaha cuci motor dan mobil ini diantaranya :Pengetahuan dan Keterampilan
Adapun modal utama yang dibutuhkan adalah pengetahuan dan keterampilan yang meliputi:Standar kebersihan dan cara membersihkannya.Mesin kendaraan ( jangan sampai karena ketidaktahuan, mesin kendaraan malah rusak karena terkena air).Rincian pembukuan, menyangkut pencatatan modal awal, operasional bulanan dan pendapatan.

Modal yang diperlukan

Rincian modal materi yang di perlukan sebagai berikut:

Lahan dengan luas minimal 14 meter persegi atau kira-kira muat 3-4 motor,jika memungkinkan tempat bisa diperluas sehingga bisa muat 1 mobil. Modal dana sekitar 4-5 jutaan, untuk membeli peralatan, seperti pompa air, kompresor, dan perlengkapan mencuci, seperti sampho motor, sabun, kanebo atau kain lap, sikat dan pengkilap cat motor/mobil. modal tersebut juga bisa di gunakan untuk perbaikan tempat dan lahan sesuai kebutuhan seperti kran dan saluran airnya. Pekerja atau karyawan 3-4 orang termasuk juga salah satu sebagai karyawan administrasi,biasanya seorang cewek tapi lelaki juga ga ada masalah.

Seandainya usaha ini berkembang,punya konsumen atau pelanggan yang cukup banyak. tanaga kerja bisa ditambah untuk kelancaran bisnis biar ga keteteran dan hasil kerja bisa memuaskan pelanggan tentu itu lebih baik. Kiat-kiat untuk menjalankan bisnisTempat atau lokasi bisnis harus strategis. semuanya harus mendukung untuk kelancaran bisnis. Merekrut dan melatih karyawan tentang cara standar kerja bisnis ini, seperti standar kebersihan. tentang cara menyemir ban yang efektif. rekrutlah pekerja yang bener- bener  bisa diandalkan, pekerja keras, disiplin dan giat bekerja.gaji karyawan berdasarkan jumlah motor yang masing-masing mereka cuci. ini ditujukan biar mereka bisa semangat untuk bekerja  dan juga mengurangi resiko dikala sepi pelanggan.

Latihlah karyawan tentang tata cara melayani pelanggan yang baik,dengan sopan biar pelanggan terasa nyaman menggunakan jasa bisnis anda.Tentukan harga cuci .Biasanya kisaran harga antara Rp600,- sampai Rp8000,-tergantung pengguna jasa dan pelayanan yang  anda tawarkan,seperti menambah dengan pengkilap cat atau juga penyemir ban. Memenej administrasi dengan pintar dan tertata rapi antara pengeluaran dan pendapatan.biar keuntungan yang didapat bisa terorganisir dan terpantau dengan baik.

Peluang bisnis disamping bisnis ini

Tentunya Anda ingin bisnis ini berkembang dengan baik dan besar,bukan?Anda bisa melirik bisnis yang lain yang masih berhubungan dengan bisnis anda ini, contohnya seperti: Menjual  peralatan cuci motor atau mobil,seperti shampoo,sabun dan lain-lain.Menjual aksesori-aksesori sepertihelm,jas hujan,spion dan sebagainya.Menyediakan jasa ganti oli dan perawatan mesin dan sebagainya. Hambatan bisnis dan Kunci sukses, Bisnis yang anda jalankan ini bisa dibilang tidak terlalu banyak hambatan untuk menjalankannya.

Kecuali pesaing-pesaing yang menjalankan bisnis yang sama.karena peluang bisnis ini sangat besar.karena bisa dibilang banyak orang yang membutuhkan jasa bisnis ini disamping kesibukan kesibukan orang yang bisa menimbulkan rasa malas untuk mencuci kendaraan pribadinya.
Kunci sukses bisnis ini adalah  kualitas jasa cuci anda akan menjadi pertimbangan bagi para pelanggan anda.kualitas yang memuaskan,dan pelayanan yang memuaskan pula,jika tidak tentunya pelanggan bisa berpindah ke tempat yang lain yang lebih baik dan lebih memuaskan dibanding jasa anda.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *