Cara Memotret Dari Sudut Pandang Bawah

memotret-dari-sudut-pandang-bawahMemotret Dengan Memilih Angle Dari Sudut Pandang Bawah –Ketika berbicara tentang teknis memotret obyek, maka memotret dengan memperhatikan angle yang pas selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas.Dengan memperhatikan angle saat memotret objek maka akan didapatkan model foto yang artistik bahkan teknik momotret dengan memperhatikan angle telah banyak digunakan oleh fotografer profesional.

Contohnya ketika memotret wajah yang mulus tentu akan menghasilkan efek foto yang lebih berpendar apabila terkena sorot cahaya matahari sehingga foto yang didapat akan terkesan soft dan lembut. Sedangkan wajah yang berkerut tidaklah selalu berefek demikian.

Wajah yang berkerutakan dapat menciptakan hasil foto berupa bayangan-bayangan yang cukup dominan pada area wajah. Di sini, kita akan menggunakan angle atau sudut tertentu saat pemotretan agar objek itu terlihat dari bawah.

Selain itu, kita juga dapat memilih posisi lain ketika hendak memotret dari sudut pandang bawah misalnya mengabadikan langit berwarna biru yang cukup manis apabila dikontraskan dengan objek yang dipotret dari sudut pandang bawah tersebut akan menambah kesan artistik foto.

Memotret Dari Sudut Pandang Bawah

Bagaimana memotret dengan memilih angle dari sudut pandang bawah, simak panduannya

  1. Cobalah tunggu ekspresi dari si model yang paling menarik. Tentu hal ini butuh waktu kecuali jika si model bisa diajak berkomunikasi.
  2. Anda bisa memotret berkali-kali dan biarkan si model berpose sebebas-bebasnya. Dengan demikian, kemungkinan akan didapat foto yang sesuai sehiingga Anda bisa memilih salah satu yang terbaik.
  3. Pakailah sudut kira-kira 45 derajat dengan memperhitungkan bahwa bagian bawah objek yang difoto (perhatikan gambar dibawah) tidak terpotong. Jika foto sampai terpotong, komposisinya akan menjadi kurang menarik untuk dilihat karena bagian atas tersisa ruang untuk langit dalam porsi besar sementara kakinya (bagian bawah) malah terpotong.

 

  1. Anda juga dapat mencoba pose lain agar medapatkan hasil menarik misalnya memotret si model yang mana tidak tampak seluruh wajahnya dari depan. Jika mereka sempat menoleh ke samping dengan ekspresi yang pas (lihat gambar di bawah), maka foto ini tetap akan hidup.

 

  1. Jika si model menghadap ke samping, pastikan bagian kanan atau kiri (tergantung si model menghadap ke mana) cukup luas. Jangan sampai kalau menatap ke kanan, bagian kanan pada foto sangat sempit wilayahnya.
  2. Arah pandang yang berbeda antara sebuah objek misalkan jika memotret lebih dari satu objek bisa membuyarkan keunikan dari foto tersebut. Usahakan agar menatap ke satu titik yang sama.

 

Tip Dan Trik Memotret Dari Sudut Pandang Bawah

memotret-dari-sudut-pandang-bawah2Ketika akan memotret objek, pastian hindari untuk berhadap-hadapan langsung dengan matahari. Hal ini akan membuat objek utama tampak gelap (area Shadows pada foto menonjol) sehingga tercipta efek siluet. Kalau sudah begini, maka siasati dengan menggunakan fitur kamera berupa lampu blitz untuk mengisi area obyek utama dengan cahaya.

Pastikan ketika hendak memotret agar wajah dan tubuh si objek terkena cahaya matahari secara efektif. Sebagai tambahan untuk mendapatkan efek cahaya biru pada langit yang cukup bersih, cobalah untuk memotret di waktu pagi hari atau kira-kira pukul 7:30 pagi, yaitu saat matahari terbit. Pada saat itu langit masih terlihat cerah dan belum berawan, selain itu cahaya matahari sangat lembut sehingga akan dapat menghasilkan efek tone yang soft.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *