Cara Memotret Dengan Memanfaatkan Ruang Kosong

memotret-dengan-memanfaatkan-ruang-kosongMemotret Dengan Memanfaatkan Ruang Kosong – Bagaimanapun bentuk kamera yang Anda miliki, hasil foto selalu berbentuk persegi empat. Hal yang membedakan satu foto dengan foto lainnya tergantung pada bagaimana Anda meletakkan objek di dalam frame foto itu. Apakah mudah ? Memotret tidaklah hanya sekedar memenuhi frame foto dengan objek-objek yang menggerombol tanpa aturan.

Lebih dari itu, adakalanya Anda harus mengisi salah satu bagian frame dengan sebuah objek dan menyisakan bagian lain agar tetap kosong tak terisi apapun. Di dalam dunia fotografi, ini lebih dikenal dengan istilah komposisi. Supaya Anda lebih tahu bagaimana teori ini bekerja, cobalah untuk melihat foto-foto yang disajikan di bawah ini.

 

Teknik Memotret Dengan Memanfaatkan Ruang Kososng – Isi Frame Secara Efektif

  1. Pada foto yang tampak di bawah ini, kita meletakkan objek di salah satu sudut frame (dalam hal ini adalah sisi kanan). Sementara itu, sisi kiri kita biarkan kosong. Warna hitam cenderung menguntungkan di sini sehingga fokus pandangan tetap terarah pada si objek. Anda akan mendapatkan foto dengan kesan yang luas.

 

  1. Anda juga bisa memilih posisi yang berbeda seperti pada foto di bawah, arah pandang si objek menghadap ke kanan, yaitu ke bagian yang memiliki bagian kosong yang sangat luas. Ini sangat menguntungkan karena tidak menciptakan kesan sempit dan foto tersebut sudah mampu bercerita bahwa di depan objek tersebut terdapat pemandangan yang luas yang akan tampak di dalam foto.

 

  1. Jika foto pertama menciptakan ruang kosong di sebelah kiri, maka foto yang tampak di atas ini mengandalkan ruang kosong di sisi yang berbeda, yaitu atas. Sekali lagi, warna objek yang terkesan kontrasatau pekat sangat membantu menghasilkan fokus pada obyek utama. Mengapa kita memilih bagian atas? Itu karena pandangan dari si model mengarah ke atas sehingga komposisinya menjadi serasi.
  2. Ruang kosong tidak harus berwarna kontras dari objek utama, Anda dapat menggunakan background yang berbeda asal tampak serasi. Background yang dipotret kabur menggunakan aperture besar pun bisa menjadi ruang kosong yang efektif, asalkan ketika anda sedang mengambil objek maka pastikan tingkat kekaburan obyek-obyek latar belakang itu cukup maksimal sehingga tidak mengalihkan perhatian dari obyek utama.

 

Tip dan Trik Memotret Dengan Memanfaatkan Ruang Kosong

memotret-dengan-memanfaatkan-ruang-kosong3Menggunakan teknik memotret dengan memanfaatkan ruang kossong yaitu dengan mengisi salah satu bagian foto dengan objek utama dan mengosongkan daerah yang lain memang tidaklah sulit secara teknis.

Syaratnya, Anda gunakan focal length yang memungkinkan pemotretan wide angle. Tinggal letakkan objek ke salah satu sisi foto saja. Anda akan sangat tertolong bila menggunakan layar LCD di dalam setiap kamera digital. Yang menjadi masalah sebenarnya terjadi saat si model itu aktif bergerak dibandingkan jika objek yang dipotret hanya diam di satu tempat saja (Biasanya pada objek seperti hewan).

Teknik yang dapat Anda gunakan sebenarnya cukup sederhana, jikaobjek yang kita potret bergerak dalam jarak yang cukup pendek, bisa-bisa kita mendapatkan komposisi yang tidak pas. Cukup bayangkan atau perkirakan saja, bagaimana kalau si model atau objek bergerak ke arah kiri atau kanan. Oleh karena itu, sebelum mengambil foto objek perhatikan dengan baik-baik kemana arah objek itu bergerak sehingga memudahkan Anda dalam menentukan komposisi yang pas.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *