Cara Memotret Yang Bagus Dengan Memanfaatkan Obyek Sekitar

memotret-dengan-memanfaatkan-obyek-sekitarMemotret Dengan Memanfaatkan Obyek Sekitar – Acapkali kita sering melihat atau bahkan menjadi hal yang umum dimana beberapa orang berfoto dengan background pemandangan, bahkan banyak orang yang mengabadikan setiap moment ketika berkunjung atau berwisata ke suatu daerah dengan berfoto, tentu saja dengan background yang menjadi ciri khas tempat wisata yang sedang dikunjungi.

Kali ini, kita tidak akan membahas lebih lanjut mengenai berpotret dengan memanfaatkan background foto melainkan memanfaatkan obyek sekunder atau obyek sekitar sehingga akan menambah kesan artistik dari foto tersebut.

Pada contoh kasus dibawah ini kita akan mengambil potret yang mana seorang pria tua yang bersepeda di jembatan dengan obyek sekunder berupa dahan di bagian kiri obyek utama. Teknik yang digunakan adalah dengan mencari obyek lain yang berguna  untuk menguatkan obyek utama berupa sang kakek. Perhatikan gambar dibawah untuk memperjelas pemahaman Anda

Cara Memotret Dengan Memanfaatkan Obyek Sekitar – Mencari Obyek Lain Untuk Membantu Penataan Komposisi

  1. Karena dahan itu mendominasi pada bagian sisi kanan, maka pastikan untuk menyempitkan ruang pada bagian sebelah kiri yang mana si obyek utama berupa sang kakek ada di situ. Tujuannya, agar pandangan orang ketika melihat foto itu, lebih condong mengikuti arah garis yang dibentuk dari dahan.
  2. Potretlah dan carilah komposisi yang menarik. Usahakan jarak antara kaki obyek dan ujung dahan paling bawah terdapat jarak yang cukup lebar sehingga komposisi segitiga yang dibentuk oleh dahan dan kaki itu cukup menarik dan enak untuk dilihat.
  3. Peletakan obyek di tengah-tengah foto seperti gambar di bawah ini mungkin akan tampak kurang menarik darisegi artistik dibanding foto pertama yang telah kita lihat. Terlebih, arah pohon yang terdapat dalam foto yang diacungkan ke atas tidaklah menciptakan kesan tertentu atau informasi yang jelas, misalnya apa yang sedang ditunjuk atau dipadang oleh obyek itu sambil memasukkan tangan ke dalam saku ?

memotret-dengan-memanfaatkan-obyek-sekitar2

 

  1. Lihat lagi gambar pertama di atas. Bayangan yang diciptakan malah menciptakan garis-garis yang dinamis, baik yang diciptakan oleh dahan maupun perspektif tanaman yang ada di samping kiri.
  2. Jika perlu, Anda juga bisa melakukan cropping atau pemotongan pada bagian atas foto agar fokus pada obyek tetap terjaga.

 

Tip dan Trik Memotret Dengan Obyek Sekitar– Mencari Obyek Lain Untuk Membantu Penataan Komposisi

 

Cobalah melihat kembali foto kakek yag sedang bersepeda di atas sebuah jembatan, pada contoh kasus di atas, ujung dahan tidak dibuat tidak terpotong akan seamakin menguatkan objek utama meskipun akan mempersempit ruang sisi kanan karena mengambil hampir seperdua ukuran foto, tetapi tetap menambah kesankuat pada obyek utama. Ingatlah untuk selalu menguatkan keberadaan obyek utama.

Pada bagian atau ruang sisi kiri dibuat agak sempit terlebih dulu hal ini dimaksudkan Apabila kedua ruang cukup sempit, maka sense yang ditimbulkan oleh foto tersebut justru kurang menggigit dan obyek utama tampak seperti terjepit.

memotret-dengan-memanfaatkan-obyek-sekitar3
Pada bagian depan (tempat sumber cahaya di depan obyek) akan menghasilkan efek dinamis tertentu yang cukup menarik. Misalnya, ujung-ujung tubuh si obyek akan tampak berpendar (rim light) terkena cahaya matahari yang lembut.

Untuk menguasai teknik ini maka diperlukan kemampuan lebih dalam melihat proporsi yang pas ketika sedang memotret. Berlatihlah dengan memotret bebas orang-orang yang berada di sekitar Anda, sehingga dengan sendirinya kemampuan Anda dalam menata proporsi yang tepat akan meningkat.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *