Cara Mengatasi Gagal Unduh Aplikasi Android Playstore

Cara Mudah Mengatasi Gagal Unduh Aplikasi Di Android – Taukah anda para pengguna Android kerap mengeluhkan masalah yang satu ini? Tentu saja masalah gagal unduh aplikasi melalui perangkat Android akan sangat menyebalkan. Apalagi jika aplikasi unduhan tersebut penting bagi penggunanya untuk menyelesaikan tugas tertentu. Paling tidak anda mesti mengetahui penyebab gagal unduh aplikasi pada Android.

Perlu anda sadari bahwa gagal mendownload aplikasi disebabkan oleh masalah sepele. Salah satunya adalah akses internet yang lambat, seperti jaringan Wi-Fi kurang lancar atau paket data yang akan habis. Di samping itu, memori RAM yang hampir penuh sehingga tidak bisa menyimpan hasil unduha aplikasi. Inilah cara mudah mengatasi gagal unduh aplikasi Android.

Tips Mudah Mengatasi Gagal Unduh Aplikasi Di Android

1.Matikan Data Internet dan Hidupkan Kembali

Apabila Google Play Store pada Android bisa mampu menguduh aplikasi, namun prosesnya tidak berjalan sempurna, maka hal yang harus anda lakukan adalah mematikan data internet dan menghidupkan kembali. Cara yang satu ini bertujuan untuk memancing dalam menarik data internet, sehingga lebih agresif dalam menerima dan mengirim data/ kuota Internet. Bukan hanya itu, pastikan daerah anda memiliki kualitas sinyal yang berkualitas bagus.

2. Hapus File Cache Android

File cache Android memang sangat mempengaruhi aplikasi maupun system Android. Sementara itu, demi menghindari lemot dan lelet pada perangkay anda mesti menghapus cache Android secara rutin,  paling tidak minimal 3 hari sekali dengan aplikasi Cleaner seperti CCleaner, atau Clean Maste. Namun untuk menghapus File cache secara manual  bisa masuk pada Menu Pengaturan » Aplikasi » Pilih tap “Semua. Cari aplikasi Google Play Store lalu tap Clear Cache”.

3. Cek Ketersediaan Memori Android

Perlu anda tahu jika aplikasi Google Play Store muncul keterangan ‘Not Enough Storage’, sebaiknya cek pada bagian memori Internal dan Eksternal. Pastikan masih terdapat ruang kosong pada memori tersebut. Adapun cara cek memori Android tersebut, yakni buka menu Pengaturan » Tap “Penyimpanan”. Pada bagian tersebut anda bisa melihat ketesediaan ruang kosong pada Internal Card dan Eksternal Card atau Micro SD.

5. Install Ulang Google Play Store

Kini saatnya menginstall ulang Google Play Store, jika semua cara di atas tidak berhasil. Kemudian install dengan Google Play Store yang baru. Tapi sebelumnya anda harus mempersiapkan Aplikasi dengan format Apk untuk dapat menginstallnya kembali.

5. Reboot Smartphone

Inilah langkah terakhir yang bisa anda lakukan hanya dengan mematikan smartphone Android. Kemudian anda mencabut baterai, SIM Card, dan SD Card, lalu diamkan salama beberapa saat dan aktifkan kembali Android. Hanya dengan cara ini Google Play Store bisa normal kembali dan bisa unduh Aplikasi dengan mudah dan cepat. Demi mencegah terjadinya error saat unduh aplikasi di Google Play Store, sebaiknya anda install dengan aplikasi pembersih.

Bagaimana, sudah paham cara mengatasi gagal unduh pada Android? Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan pastikan berhasil dengan sempurna.

 

 

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *