Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Profesional

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Contoh Surat Lamaran Kerja

Kalau ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan baik skala kecil maupun besar, sudah pasti surat lamaran kerja akan menjadi salah satu persyaratan utamanya. Lalu, bagaimana contoh surat lamaran kerja yang baik dan profesional? Bagi yang masih bingung tentang bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan profesional, perhatikanlah hal-hal berikut ini.

Tujuan Surat Lamaran Kerja

Akan menjadi sangat tidak personal kalau sampai menuliskan “Yth. HRD Manager” pada surat lamaran kerja. Memang benar kalau dalam beberapa contoh lamaran kerja banyak yang menyarankan untuk tidak perlu menuliskan secara personal tujuan surat lamaran tersebut. Namun, manajer personalia perusahaan yang dilamar akan berpikiran bahwa yang melamar pekerjaan tidak terlalu tertarik dengan perusahaan dan tidak ingin repot-repot mencari tahu nama manajer personalia perusahaan tersebut. Jadi, jangan sampai hal ini terjadi. Lalu, bagaimana kalau benar-benar tidak tahu nama manajer personalianya? Cukup hubungi perusahaan tersebut atau carilah profil manajer personalia di LinkedIn.

Perkenalan

Mengapa harus memperkenalkan diri dalam surat lamaran kerja? Memperkenalkan diri dalam surat lamaran kerja sama halnya dengan memberikan identitas pelamar ke pihak perusahaan, sehingga perusahaan tahu siapa yang menulis surat tersebut. Selain itu, perkenalan diri juga seperti halnya mengawali pembicaraan dengan lawan bicara yang belum dikenal. Jadi, cantumkanlah identitas singkat dalam surat lamaran pekerjaan agar manajer personalia setidaknya ingat dengan nama pelamar tersebut selain yang ada di dalam CV.

Fokus pada Bagian Paling Menarik dari CV

Surat lamaran kerja akan menjadi salah satu tempat dimana pelamar bisa menceritakan pengalaman-pengalaman yang sudah dituliskan di dalam CV. Namun, jangan sampai kebanyakan menuliskan hal-hal yang tidak terlalu relevan dalam surat lamaran. Malah sebaliknya, berfokuslah pada bagian menarik yang ada di dalam CV yang berhubungan dengan jenis usaha atau bidang yang ada di perusahaan yang dilamar. Kalau di lowongan pekerjaan disebutkan tentang syarat-syarat pelamar yang ideal di perusahaan tersebut, seperti mencari karyawaan yang memiliki kemampuan bekerja di bawah tekanan dan memiliki kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris, maka cantumkanlah hal-hal tersebut.

Cantumkan Daftar Lampiran yang Disertakan dengan Surat Lamaran Kerja

Beberapa contoh cv lamaran kerja yang ada di internet biasanya menyarankan untuk mencantumkan daftar lampiran yang disertakan dengan surat lamaran kerja. Hal ini memang menjadi salah satu hal yang harus dilakukan karena pihak perusahaan pastinya akan meminta beberapa dokumen selain surat lamaran kerja, misalnya fotokopi KTP, fotokopi SKCK, pas foto, dan lain-lain. Maka, cantumkanlah daftar lampiran sesuai yang tertulis di lowongan pekerjaan untuk bahan pertimbangan.

Mecantumkan Tanda Tangan dan Kontak

Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan pada surat lamaran kerja yang ditulis meskipun surat lamaran tersebut adalah surat yang dibuat melalui komputer. Cara mencantumkannya adalah dengan men-scan tanda tangan dan mencantumkannya pada dokumen surat lamaran kerja di komputer. Pastikan juga untuk mencantumkan kontak yang berupa nomor telepon dan alamat email. Perlu diingat untuk tidak mencantumkan lebih dari dua alamat email karena hal tersebut akan dianggap tidak profesional. Selain itu,pastikan bahwa nama alamat email yang dicantunmkan adalah yang profesional, yaitu dengan menggunakan nama misalnya.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja 2

 

Nah, hal-hal di atas jangan sampai ada yang terlewat karena sifatnya mutlak atau penting untuk membuat surat lamaran kerja menjadi tampak profesional. Memang tidak ada salahnya menyalin beberapa contoh surat lamaran kerja yang sudah ada di internet, namun akan lebih baik lagi kalau surat lamaran kerja tersebut dibuat dengan pemikiran tersendiri karena surat lamaran kerja adalah representasi diri juga.

 

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *