Fungsi Fitur USB OTG Pada Smartphone Android

Fungsi Fitur USB OTG Pada Smartphone Android – USB OTG sudah banyak tersemat di berbagai ponsel kelas premium. Sebenarnya fungsi dari USB OTG terbilang kompleks salah satunya memudahkan kita terhubung dengan berbagai perangkat lainnya secara mudah. misalnya saja jika pada umumnya kita mesti memindahkan file ke komputer sebelum di print, dengan fitur USB OTG kita bisa langsung mencetak file yang diinginkan langsung dari smartphone ke printer. Maka tak heran fungsinya yang kompleks ini menjadi incaran para pengguna android.

Biasanya, hp yang menggunakan USB OTG ini termasuk dalam hp kelas premium yang dibandrol cukup mahal. Harganya sesuai dengan bandrol yang dimilikinya. Namun untuk anda yang ingin mencoba memilih HP dengan fitur USB OTG tentunya mesti mengetahui terlebih dulu apa saja fungsinya. Pada garis besarnya fungsi USB OTG bertujuan mengendalikan perangkat dan memudahkannya terhubung dengan perangkat lainnya. Berikut ini beberapa ulasan lengkapnya untuk fungsi USB OTG.

Beberapa Fungsi Fitur USB OTG

  1. Menghubungkan flash drives dan HDD eksternal

Poin ini adalah salah satu fungsi utama yang dimiliki fitur USB OTG. Anda akan dimudahkan untuk memasang flash drive dan HDD eksternal memalui konektor di hp anda saja. flash drive lebih mudah dipasang dibandingkan dengan HDD eksternal. Namun bukan berarti fungsi USB OTG akan menyulitkan anda terhubung dengan HDD Eksternal. Kemudahan inilah yang banyak dicari terutama yang memiliki banyak data untuk di backup.

  1. Terhubung dengan game controller atau gamepad

Fitur ini juga berfungsi memungkinkan kita terhubung dengan Xbos 360 Controller. Prossesnya cukup mudah hanya dengan menghubungkan game controller atau gamepad kemudian anda bisa langsung menggunakannnya. Maka  tidak heran hp dengan USB OTG saat ini banyak dicari gamers karena memungkinkan mereka bermain game melalui hp android secara lebih mudah.

  1. Mengontrol Keyboard dan Mouse

Hp anda bisa diubah selayaknya fungsi keyboard dan Mouse. Jika keyboard fisik di PC masih terhubung oleh kabel maka bisa dialihkan dengan menggunakan fitur ini. namun kelemahannya, USB OTG hanya memiliki satu port USB saja sehingga hanya tidak memungkinkan anda menghubungkan keyboard dan mouse secara bersamaan.

  1. Mencetak dari printer

Selain itu anda bisa mencetak data hanya dengan USB OTG dari smartphone dengan printer. Namun untuk mendapatkan fungsi ini, pastikan printer anda sudah mendukung fitur USB Plug Play sehingga bisa terkoneksi dengan hp android. fitur ini akan memudahkan anda mencetak file yang diinginkan dari android tanpa perlu memindahkannya ke PC atau laptop terlebih dulu.

  1. Mengontrol kamera DSLR

Fitur ini akan memberikan kemudahan melakukan live view ketika memotret menggunakan kamera digital. Selain itu anda juga akan ditawarkan pengalaman menarik dengan kemudahan mengatur ISO, aperture, dll. Tentu saja hal ini akan membuat kita lebih nyaman memotret menggunakan layar yang lebih besar. namun untuk bisa menggunakan fitur ini anda mesti mengunduh aplikasi Controller DSLR.

Itulah beberapa fungsi USB OTG yang bisa anda ketahui. Dengan fungsi diatas bisa menjadi pertimbangan anda ketika hendak memilih hp dengan fitur USB OTG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *