Gejala Bronkitis dan Cara Pengobatannya

Gejala Bronkitis dan Cara Pengobatannya – Banyak yang mengira bronkhitis mirip seperti pneumonia. Padahal dua penyakit pernafasan ini sangat berbeda. Gejala bronkhitis memang sulit dikenali. Ia mirip seperti gangguan pernafasan yang umum terjadi. Misalnya batuk, sesak nafas dan hidung tersumbat. Maka dari itu banyak yang menyadari penyakit ini ketika sudah dalam tahapan parah. Namun mencegahnya bukanlah hal yang mustahil karena anda bisa mengetahui beberapa gejala umum beserta cara pengobatannya dibawah ini.

Selain mengenali gejalanya, anda juga mesti tahu bagaimana cara mengobati bronkhitis. Cobalah menggunakan beberapa bahan alami berikut ini. bahan alami ini bermanfaat mengurangi kadar lendir pada saluran pernafasan anda. selain itu cara alami ini terbilang bebas efek samping serta mudah dilakukan. Untuk mengetahui apakah anda atau keluarga mengalami bronkhtis, ketahui gejala-gejala beserta pengobatannya yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Beberapa Gejala Bronkitis

  1. Sesak nafas

Gejala yang pertama adalah sesak nafas. Namun banyak yang mengira sesak nafas ini disebabkan karena asma atau pneumonia. Sesak nafas karena bronkhitis bisa dikenali dengan disertai lendir yang banyak. Nafas yang sesak ini memang terjadi karena banyaknya lendir yang ada pada saluran pernafasan.

  1. Hidung sinus/tersumbat

Selain itu hidung yang kerap tersumbat juga bisa karena gejala bronkhitis. Hal ini sama penyebabkan karena adanya lendir yang berlebih pada saluran pernafasan. Hidung tersumbat ini mirip dengan gejala pilek, namun terasa lebih sering dan parah selain itu gejala ini juga diikuti dengan sakit kepala dan demam disertai menggigil.

  1. Badan terasa nyeri

Nyeri badan bisa disebabkan karena adanya lendir yang menumpuk pada saluran pernafasan membuat penderita mengalami kesulitan bernafas. Hal ini akan membuat penderita bronkhitis mengalami nyeri diseluruh badan terutama pada bagian dada dan kepala serta dibarengi dengan kelelahan akut.

Cara Pengobatan Bronkitis

  1. Bawang merah

Bawang merah memiliki sifat anti dahak dan menghangatkan saluran pernafasan sehingga sangat cocok mengencerkan dahak penyebab saluran pernafasan tersumbat. Campurkan bawang merah sebanyak 5-6 siung dengan gula. campuran tersebut cocok untuk membuat salad atau  dengan cara di blender. Minum ramuan bawang merah secara teratur agar dahak yang menyumbat saluran pernafasan bisa mencair.

  1. Garam inggris/epsom

Garam inggris digunakan sebagai bahan campuran ketika hendak mandi. Efeknya menenangkan dan mampu melegakan saluran pernafasan. Tambahkan garam inggris sebanyak 1kg kedalam 60 liter air hangat. Biarka larut sempurna kemudian anda bisa menggunakan untuk berendam atau mandi selama 30 menit. Ulangi setiap hari hingga terasa terjadi perubahan.

  1. Biji wijen

Didalam biji wijen juga terdapat kandungan alami yang baik untuk mengurangi bronkhitis. Campurkan setengah sendok teh biji wijen dengan 2 sendok makan air dan minum secara teratur. Selain itu anda bisa juga menambahkan campuran tersebut dengan biji rami, garam dan madu. Sebaiknya konsumsi ramuan tersebut pada malam hari sebelum tidur agar bisa bekerja secara efektif.

Itulah beberapa contoh pengobatan dan gejala bronkhitis yang bisa anda ketahui. Cegah penyakit bronkhitis ini dengan menerapkan gaya hidup sehat dan lingkungan yang bersih.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *