Keunikan Dan Keindahan Kepulauan Raja Ampat Papua

Destinasi kepulauan Raja Ampat memang menjadi sorotan para traveller. Keberadaan objek wisata ini di wilayah Papua tepatnya di teritorial Papua Barat sebuah gugusan pulau, sehingga mampu memberikan kawasan Amazon Lautan Dunia. Adapun bentuk kepopuleran Raja Ampat adalah munculnya film Edis Paradise 3 yang menceritakan keindahan laut Raja Ampat itu sendiri.

Mungkin keunikan lain dari julukan Raja Ampat adalah karena letaknya dari tempat wisata berlokasi di pusat segitiga karang dunia. Maka tidak mengherankan jika wilayah ini memiliki banyak pulau besar yang berkisar 610 pulau dan hanya ada 35 pulau saja yang dapat dihuni penduduknya. Sekilas tentang pesona Raja Ampat yang sudah tidak dapat diragukan lagi akan keindaannya seperti ulasan berikut ini.

 

Keunikan Dan Keindahan Kepulauan Raja Ampat Papua

Perjalanan Raja Ampat

Perjalanan Raja Ampat

Sebelum berlibur ke Raja Ampat tentu anda harus mengetahui lokasi tempat wisata secara detail. Untuk melakukan perjalanan wisata anda dituntut untuk lebih bersabar, karena memang sangat jauh. Pertama menuju ke kota Sorong, Papua Barat yang memang tidak ada jalur penerbangan internasional. Jadi jika ingin cepat sampai anda perlu transit di Ujung Pandang yang memakan waktu sekitra 5 hingga 6 jam agar sampai di kota Sorong.

 

Pesona Kepulauan Raja Ampat

 Pesona Kepulauan Raja Ampat

Saat tiba di lokasi objek wisata, maka anda akan menjumpai biota laut yang sangat indah. Bahkan dapat bertemu dan berinteraksi dengan penduduk lokal yang masih menjaga kebudayaan daerahnya.  Kegiatan yang wajib dilakukan di sini adalah mengarungi pulau Raja Ampat menggunakan perahu, menyelam untuk menikmati indahnya pulau karang, hingga permainan kayak khas Papua. Tidak hanya itu, anda perlu melihat burung cenderawasih merah, memberi makan kuskus, membuat patung kayu sendiri, serta melakukan trekking untuk menemukan air terjun. Mungkin bagi anda yang hobi memancing bisa dilakukan di Raja Ampat dengan cara tradisional Papua.

 

Pesona Gua Tomolol

 Pesona Kepulauan Raja Ampat

Kurang lengkap rasanya jika sudah jauh-jauh ke Raja Ampat tidak mampir ke Gua Tomolol. Di kawasan inilah anda akan merasa kagum dengan lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang memiliki ukuran sangat besar di bagian dinding gua. Konon gua ini merupakan peninggalan perang dunia ke II yang merupakan tempat pasukan Belanda dan Jepang. Untuk menikmati keindahan alam, anda akan ditunjukkan dengan wisata air terjun begitu menyegarkan dan menyejukkan.

 

Keunikan Raja Ampat

Pesona Gua Tomolol

Inilah keunikan yang tersimpan dari Raja Ampat, dimana anda dapat menyaksikan fenomena alam menarik. Fenomena ini berada di sisi Timur Waigeo yang terbentuk oleh sinar dan berasal dari air laut yang biasa disaksikan di atas perahu, serta akan mengitari permukaan dengan waktu 10-18 menit. Fenomena langka ini atau fenomena pemandangan sunset hanya terjadi di setiap akhir tahun saja. Sementara itu, di bagian barat Waigeo mendapati pertunjukan permainan suling bambu tradisional yang dilaksanankan pada festival atau upacara kunjungan pejabat.

 

Bagaimana, tertarik untuk berwisata ke Kepulauan Raja Ampat? Setidaknya anda mulai menabung dari sekarang agar dapat bertandang ke pulau cantik ini.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *