Menikmati Keindahan Pantai Gua Cemara Yogyakarta

Menikmati Keindahan Pantai Gua Cemara Yogyakarta – Kenyamanan dalam menikmati keindahan pantai adalah daya tarik bagi wistawan. Tanpa kecuali penikmat pantai khususnya di kawasan Pantai Gua Cemara Yogyakarta. Pasalnya suasan sejuk dan tentram mampu berefek dari puluhan tamanan cemara udang di sekitaran pantai. Pepohonan tersebut juga berperan menghangatkan udara penghuni baik orang maupun hewan pantai.
Pemberian nama dari Gua Cemara sendiri bukan karena ada gua di dekat pantai, akan tetapi berdasarkan keadaan pepohonannya. Awalnya penduduk membabat sebagian batang pohon cemara, dan pada akhirnya bekas babatan itu menghasilkan lubang yang menyerupai gua. Karenanya sejak tahun 2010 pantau Gua Cemara resmi dibuka sebagai destinasi tempat wisata. Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan pantai ini adalah.
Menikmati Keindahan Pantai Gua Cemara Yogyakarta

Lokasi dan Akses  Pantai Gua Cemara

Lokasi dan Akses Pantai Gua Cemara

Keberadaan pantai Gua Cemara yang berlokasi di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika dari pusat kota Yogya, pantai ini hanya berjarak 30 km menuju arah selatan. Sayangnya akses menuju pantai masih sulit, karena tidak ada trayek kendaraan umum untuk mencapainya. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa berangkat dari rute Bantul. Kemudian, lurus terus ke arah selatan hingga menemukan ruas jalan baru lintas selatan hingga menembus Gunung Kidul. Dari sini pantai hanya berada pada 2 km ke arah barat.

Melakukan Susur Pantai

Melakukan Susur Pantai

Ada hal menarik saat berada di Pantai Gua Cemara yakni melakukan susur pantai. Pasalnya pantai yang satu ini memiliki perbedaan tersendiri dari pantai-pantai yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, dimana dipisahkan oleh perbukitan karst. Setiap pantai di kawasan ini menyuguhkan pasir yang terhampar secara luas dan panjang. Hanya saja terdapat semak dan perdu yang mampu menghalangi jalanya susur pantai. Tetapi, di sepanjang perjalanan anda akan menjumpai kapal nelayan yang bersandar rapi.

Keadaan Alam yang Indah

Keadaan Alam yang Indah

Saatnya bersantai untuk menikmati nuansa pantai dan semilir angin laut. Pengunjung juga dapat melakukan aktifitas di sini, seperti membaca buku atau berayun di bawah pohon cemara. Hal ini mampu menghilangkan penat atai stres setelah bekerja seharian penuh. Di samping itu, anda juga dapat berkumpul bersama keluarga dengan menggelar karpet sambil menikmati makan siang.

Melihat Sunset

Melihat Sunset

Siapa sangka pantai ini bisa menjadi lokasi terbaik untuk melihat sunset atau matahari tenggelam. Panorama senja ini paling pas dinikmati bersama pasangan, apalagi di bawah pohon cemara yang sejuk. Tidak hanya itu, anda juga dapat memanfaatkan batang pohon cemara sebagai tempat duduk sambil menungggu waktu tenggelamnya matahari.
Fasilitas Berwisata
Adapun fasilitas Pantai Gua Cemara sangatlah banyak dan terbilang cukup memadai. Misalnya fasilitas mushola, tolilet, warung, hingga tempat beristirahat. Keunikan dari fasilitas pantai ini adalah dibangun dengan anyaman bambu. Maka secara tidak langsung telah mencerminkan keasrian alam dan seni budaya, sehingga membentuk kenyamanan wisatawan yang datang.
Itu dia cara terbaik saat menikmati keindahan alam di pantai Gua Cemara Yogyakarta. Semoga bisa menjadi bermanfaat anda semua terutama bagi penikmat pantai.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *