Perbedaan Pemasaran dan Penjualan Pada Usaha Rumahan

Pemasaran dan penjualan adalah dua komponen yang paling penting dari kelangsungan suatu perusahaan besar maupun kecil termasuk usaha rumahan. Karena keduanya berkaitan erat satu sama lain, banyak orang yang bingung membedakannya. Kegiatan pemasaran melibatkan perancangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar dan pelanggan, mempromosikan produk melalui iklan serta menetapkan harga yang kompetitif untuk produk agar mampu bersaing.

Usaha Rumahan

Pemasaran adalah tulang punggung masa depan perusahaan yang diaplikasikan untuk penjualan. Proses pemasaran meliputi desain produk, iklan dll. sedangkan proses penjualan adalah pelaksanaan semua upaya yang melibatkan interaksi langsung dengan klien atau konsumen baik melalui suatu pertemuan langsung atau dengan menggunakan media komunikasi semisal telepon atau media online. Pada perusahaan besar, selalu ada persaingan terselubung yang berlangsung antara dua aspek ini, biasanya salah satu aspek mengklaim dominansi atas aspek lainnya.

Orang-orang pemasaran mengatakan mereka memiliki kemampuan yang “lebih” atas dasar pemikiran merekalah yang mendesain produk, menetapkan strategi dan juga mengembangkan alat-alat penting untuk proses penjualan. Mereka mengatakan penjualan merupakan hasil dari pemasaran dan dengan demikian harus mengikuti petunjuknya tanpa terkecuali. Orang-orang di bagian penjualan seringkali tidak setuju dengan pandangan ini dan acapkali berlawanan pendapat dengan bagian pemasaran. Bagian penjualan seringnya mengedapnkan aspek bahwa mereka lah yang benar-benar menjual produk dan mengalirkan uang masuk untuk kemajuan perusahaan.

Tetapi banyak ahli percaya bahwa pemasaran harus memainkan peran lebih penting di antara keduanya. Sebuah kampanye pemasaran yang sukses membuat penjualan produk lebih mudah dan membuat orang percaya untuk membeli produk tersebut. Peran paling penting dari bagian pemasaran adalah untuk menciptakan peluang bagi bagian penjualan atau para tenaga penjual alias sales. Pemasaran mengarahkan penjualan dan penjualan mendorong keberhasilan perusahaan.

Pemasaran harus mengerahkan dukungan yang terus – menerus untuk penjualan, sehingga bagian penjualan mampu memberikan produk akhir yang terpenting bagi perusahaan yaitu laba atau keuntungan. Tidak boleh ada perlombaan untuk mendapatkan supremasi atas satu bagian dengan bagian lainnya, namun yang terpenting adalah bagaimana kedua aspek ini bekerja sama maksimal untuk memenangkan perlombaan memenangkan pasar dan menggaet banyak pelanggan.

Banyak perusahaan menggabungkan penjualan dan pemasaran bersama-sama tetapi dalam kenyataannya mereka memiliki target yang berbeda. Sementara bagian penjualan tertarik dalam memenuhi persyaratan apa yang diminta pelanggan agar puas, bagian pemasaran sebenarnya sibuk belajar tentang tuntutan pasar. Tujuan dari bagian pemasaran adalah untuk meramalkan bagaimana pasar akan terbentuk di masa depan. Mereka harus mampu mengembangkan imajinasi karakteristik produk mereka dengan kebutuhan pasar untuk beberapa tahun ke depan dan siap untuk membuat perubahan desain yang sesuai dengan produk tersebut.

 
Dalam suatu usaha rumahan hal yang sangat penting adalah lebih baik mengintegrasikan atau menyatukan kedua aspek ini dalam satu bagian. Pada awal membuka usaha, Anda sebagai sang pemilik usaha rumahan juga tentu harus mampu bertindak sebagai tenaga penjualan, namun jangan hanya berfungsi sebagai “kolektor” uang tunai saja. Anda harus juga mampu berimajinasi dan memiliki peran untuk mengembangkan karakteristik produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar untuk tahun – tahun ke depan..

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *