Tips Android Yang Wajib Di Ketahui Pengguna

Tips Sederhana Yang Wajib Di Ketahui Pengguna Android – Apakah anda termasuk pengguna setia mobile Android? Paling tidak anda mengetahui hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga ponsel Android tetap awet. Pasalnya tak jarang pengguna yang sering merasa mengeluh akibat Android kurang memuaskan akan kinerjanya. Hal tersebut lantaran perangkat Android kerap mengalami masalah, seperti handphone nge-hang atau mati sendiri.

Ada kalanya memang anda harus pintar-pintar dalam mengatasai masalah Android yang terjadi. Setidaknya anda jangan sampai melakukan hard reset pada perangkat Android, karena mampu berpengaruh akan komponen hardware maupun software. Maka dari itu, alangkah baiknya anda tahu tips sederhana  yang wajib diketahui para pengguna Android.

Ketahui Trik Sederhana Para Pengguna Android Untuk Diketahui

  1. Cara Modifikasi Widget

Seperti yang kita tahu bahwa widget akan mampu menampilkan berbagai informasi bisa diletakkan di homescreen Android. Tentu saja keunggulan platform Android adalah kebebasan melakukan modifikasi yang ditawarkan. Dimana para pengguna bisa meletakkan berbagai widget pada homescreen maupun lockscreen. Paling tidak anda mengatur perangkat Android agar sesuai dengan kebutuhan para pengguna sehingga lebih mudah digunakan.

  1. Cara Melacak HP Lupa Taruh

Ada kalanya anda berjaga-jaga untuk menaruh alamat dan informasi kontak di lockscreen, jika memang nantinya ponsel anda hilang atau tertinggal. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke menu Settings > Security > Screen security> Owner info. Hanya di dalam  boks kecil tempat anda bisa mengetik informasi alamat untuk ditampilkan di lockscreen.  Anda pun dapat melacak posisi ponsel, dengan melakukan melalui Googling dan ketik Find my phone.

  1. Nyalakan Enkripsi Demi Melindungi Data

Apabila perangkat Android sedang melakukan enkripsi, maka anda tak perlu khawatir. Untuk melakuannya, bukalah menu Settings > Security > Encryption, dan pilih Encrypt phone. Dari situlah,  anda akan diminta untuk membuat PIN.  Kemudian kode PIN ini akan diminta setiap kali anda menyalakan ponsel. Dimana proses enkripsi biasanya memakan waktu cukup lama, sekitar 1 jam, dan hanya bisa dibalikkan melalui factory reset.

  1. Buka Developer Options

Inilah salah satu fitur rahasia berupa developer options, dimana anda bisa mengakses sejumlah opsi pengaturan tingkat lanjut, misalnya jeda waktu animasi dan USB debugging. Adapun cara mengakifkan developer options cukup unik, karena anda harus membuka menu about phone di dalam layar settings. Barulah anda ketuk pada bagian build number yang berisi nomer versi sistem operasi sebanyak tujuh kali. Jika ada  pemberitahuan You’re now a developer, lalu anda bisa mengakses developer options dari dalam menu settings.

  1. Taruh widget di Lockscreen

Biasanya widget yang menyuguhkan informasi yang tak hanya bisa ditaruh di homescreen alias layar utama Android, melainkan juga terdapat pada  lockscreen ketika layar sedang terkunci. Sementara itu, untuk mengaktifkan fitur ini, bukalah menu Settings > Security lalu pilih Enable widgets. Selanjutnya anda langsung klik ke lockscreen dan sapukan jari ke kiri, maka akan muncul tanda “+” berukuran besar yang digunakan untuk menambah aneka widget.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *