Wisata Alam Danau Toba yang Menarik di Sumatera Utara

Wisata Alam Danau Toba Sumatera Utara – Danau Toba menjadi destinasi yang terkenal hingga penjuru dunia. Danau terluas di Asia Tenggara ini berasal dari letusan Gunung Toba yang terjadi ribuan tahun silam. Lokasi wisata alam danau toba ada di Sumatera Utara yang masyarakat sekitarnya merupakan suku Batak Toba. Banyak hal menarik yang bisa anda temui di Danau Toba. Jika biasanya anda hanya melihat pemandangan danau ini di uang pecahan 1000 rupiah, pemandangannya lebih indah dari yang ada di gambar uang tersebut.

Danau yang sangat luas dikelilingi oleh indahnya perbukitan hijau disekitarnya. Selain itu daya tarik utama lainnya adalah Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Pulau ini menjadi destinasi lainnya ketika bersambang ke Danau Toba. Berwisata ke danau alam ini sangat mengesankan terlebih penduduk sekitarnya terbilang ramah dan menyenangkan. Dibawah ini ulasan selengkapnya untuk destinasi wisata Danau Toba, salah satu andalan yang dimiliki Sumatera Utara.

Destinasi Wisata Danau Toba

  1. Asal Mula Danau Toba

Destinasi wisata alam ini berasal dari letusan Gunung Toba yang terjadi 75 ribu tahun lalu. Danau vulkanik ini menjelma sebagai salah satu andalan wisata di Indonesia khususnya Sumatera Utara. Terdapat hal unik yang ada di Danau Toba salah satunya adalah keberadaan Pulau Samosir yang ada di tengahnya. Banyak yang mengaitkan Danau Toba dengan legenda ikan mas. Legenda inilah yang semakin menambah daya tarik Danau Toba ini.

  1. Pemandangan alam Danau Toba

Destinasi wisata Danau Toba memiliki pemandangan alam yang memukau. Danau seluar 100 km ini memiliki bentang air biru muda. Selain itu disekitarnya terdapat hamparan bukit hijau yang membuat atmosfernya kian sejuk. Danau Toba memiliki Pulau Kecil yaitu Pulau Samosir. Untuk menuju Pulau Samosir anda bisa menyebrang menggunakan perahu sewaan. Pemandangan di Pulau Samosir juga tak kalah dengan indahnya Danau Toba keseluruhan.

  1. Pulau Samosir

Anda bisa juga mengunjungi Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba melalui akomodasi di Kota Prapat. Pemandangan alam menuju Pulau Samosir akan membuat anda berdecak kagum. Selain itu masyarakat sekitarnya terkenal ramah dan menyenangkan. Masyarakat Prapat ini terkenal sebagai masyarakat yang bahagia dan santai. Meskipun mayoritas beragama kristen, namun tradisi kuno tetap mereka pertahankan hingga saat ini.

  1. Hal menarik lain di Danau Toba

Ada banyak hal menarik lain yang bisa didapatkan di Danau Toba. Di Tomok misalnya, pengunjung bisa menemukan berbagai kenang-kenangan dari suku Batak. Selain itu tenun tangan yang disebut Ulos menjadi salah satu barang buruan para wisatawan. Selain itu rumah adat khas Batak Toba juga masih banyak berdiri disekitar kawasan wisata ini. jika anda berkunjung ke Simanindo, alunan musik tradisional khas Batak akan mengalun menyambut kedatangan anda.

Itulah ulasan tentang Danau Toba salah satu wisata andalan yang ada di Sumatera Utara. Semoga menambah referensi wisata anda.

 

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *