Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD

Contoh.org – Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup pengembangan pada aspek struktur  kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat autentik. Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD.

Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fl eksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan bakatnya.

Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah.

Keajegan model pendekatan di semua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten sejak awal

sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sikap beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.

Sebagai jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fundamen bagi penyiapan peserta didik agar lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi.

Mengantarkan anak usia dini yang siap melanjutkan pendidikan tidak hanya terbatas pada kemampuan anak membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga dalam keseluruhan aspek perkembangan.

Tanggung jawab ini harus dipikul bersama antara pemerintah, pengelola dan pendidikan PAUD, orang tua, serta masyarakat.

Kemampuan belajar anak di lembaga pendidikan, khususnya di lembaga PAUD, perlu disiapkan dengan seksama melalui layanan pembelajaran dan penilaian yang efektif.

Pembelajaran dan penilaian yang efektif adalah pembelajaran dan penilaian yang terus-menerus  dilakukan secara optimal.

Hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis. Untuk selanjutnya, hasil pembelajaran dan penilaian akan menjadi rujukan bagi pengembangan perencanaan pembelajaran selanjutnya.

Dengan demikian, pembelajaran menjadi suatu siklus utuh antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara berkesinambungan.

Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD.

Untuk dapat menjaga siklus utuh di atas secara berkualitas dan terus-menerus dalam memfasilitasi anak, guru PAUD wajib memahami perkembangan anak dengan baik dan juga cara-cara menilainya.

Di samping itu, untuk mendukung keseluruhan pembelajaran lebih bermakna, para guru juga perlu melibatkan orang tua/keluarga serta lingkungan secara optimal.

Dengan upaya yang optimal tersebut, diharapkan setiap anak yang dilayani di setiap satuan PAUD dapat mencapai tingkat perkembangan yang terbaik

sehingga akhirnya mereka dapat memasuki tingkat pendidikan selanjutnya dengan kematangan dan kesiapan kompetensi serta berkepribadian yang memadai.

Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD

Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsipprinsip pembelajaran, keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian.

Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD

Berikut adalah contoh program pengembangan dan muatan/materi pembelajaran kurikulum PAUD “TK Kebangsaan” seperti yang tertuang dalam Dokumen I (KTSP).

1. Program Pengembangan Nilai Agama dan Moral

KOMPETENSI YANG DICAPAI MATERI PEMBELAJARAN (DAPAT DIKEMBANGKAN
OLEH SATUAN PAUD)
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui CiptaanNya Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
Terbiasa saling menghormati (toleransi) agama, mengucapkan keagungan Tuhan sesuai dengan agamanya, merawat kebersihan diri. tidak menyakiti diri atau teman, menghargai teman (tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua, menjaga dan merawat tanaman, binatang peliharaan dan ciptaan Tuhan.
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur Terbiasa berbicara sesuai dengan fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, menghargai kepemilikan orang lain. mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, terus terang. anak senang melakukan sesuatu sesuai dengan aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau temannya.
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

Doa-doa (doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua)., mengenal hari-hari besar agama, hari-hari besar agama, cara ibadah sesuai dengan hari besar agama, tempat ibadah, tokoh keagamaan.
3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

4.2. Menunjukkan periaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

Perilaku baik dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat.; misalnya tata cara berbicara  secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta bantuan. cara menyampaikankan terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata cara beribadah sesuai dengan agamanya. misalnya  berdoa, tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian, menolong teman, orang tua dan guru.

2. Program Pengembangan Fisik Motorik

KOMPETENSI YANG DICAPAI MATERI PEMBELAJARAN (DAPAT DIKEMBANGKAN
OLEH SATUAN PAUD)
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan
hidup sehat
Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang, kebiasaan merawat diri. Misalnya; mencuci tangan, menggosok gigi, mandi, berpakaian bersih,menjaga kebersihan lingkungan misalnya; kebersihan tempat belajar dan lingkungan, menjaga kebersihan alat main dan milik pribadi.
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorika kasar dan halus

Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota tubuh tetap sehat. berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan, koordinasi tubuh.

Kegiatan untuk latihan motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari, merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan. menendang, berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur. (misalnya: menirukan gerakan benda, senam, tarian, permainan tradisional,
dll.)

Keterampilan motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan melalui kegiatan antara lain. meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit, mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll. Permainan motorik kasar atau halus dengan aturan.

3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD.

• Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan, koordinasi tubuh.
• Kegiatan untuk latihan motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari, merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang, berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misalnya: menirukan gerakan benda, senam, tarian, permainan tradisional, dll.).
• Keterampilan motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui kegiatan antara lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit, mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll.
• Permainan motorik kasar atau halus dengan aturan

3.4 Mengetahui cara hidup sehat

4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

• Ca ra merawat kebersihan diri (misal: mencuci tangan, berlatih toilet, merawat gigi, mulut, telinga, hidung,  olahraga, mandi 2x sehari; memakai baju bersih), memilih makanan dan minuman yang sehat, makanan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat.
• Cara menghindarkan diri dari bahaya kekerasan (melindungi anggota tubuh yang terlarang: mulut, dada, alat kelamin, pantat; waspada terhadap orang asing/tidak dikenal).
• Ca ra menghindarkan diri dari benda-benda berbahaya misalnya pisau, listrik, pestisida, kendaraan saat di jalan raya.
• Cara menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan.
• Kebiasaan buruk yang harus dihindari (permen, nonton tv atau main game lebih dari 1 jam setiap hari, tidur terlalu larut malam, jajan sembarang).

Baca Juga: Contoh Bentuk Perundungan dan Pencegahannya

3. Program Pengembangan Kognitif

KOMPETENSI YANG DICAPAI MATERI PEMBELAJARAN (DAPAT DIKEMBANGKAN
OLEH SATUAN PAUD)
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu • membiasakan eksploratif,
• cara bertanya,
• ca ra mendapatkan jawaban.
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap kreatif
• memahami tentang kreatif,
• membiasakan kerja secara kreatif.
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah
sehari-hari dan berperilaku kreatif4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
• cara mengenali masalah,
• ca ra mengetahui penyebab masalah,
• cara mengatasi masalah,
• menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah.
3.6 Mengenal bendabenda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana bendabenda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

• bentuk dua dimensi (persegi, segitiga, bulat, segi panjang),
• ben tuk tiga dimensi (kubus, balok, limas, tabung), ukuran (panjang-pendek, besar-kecil, berat-ringan, sebentar-lama), bilangan (satuan, puluhan),
• tekstur (kasar-halus, keras-lunak),
• suara (cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah),
• pengelompokkan (berdasarkan warna, bentuk, ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran, ukuran-bentuk, warna-ukuran-bentuk),
• membandingkan benda berdasarkan ukuran “lebih dari – kurang dari”, “paling/ter),
• mengurutkan benda berdasarkan seriasi (kecilsedang-besar),

• Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi (sangat kecil- lebih kecil- kecil- besar- lebih besarpaling besar).
• Pola ABC-ABC, ABCD-ABCD berdasarkan urutan
warna, bentuk, ukuran, bunyi, warna, fungsi, sumber, dll.
• Mencocokkan lambang bilangan dengan jumlah
bilangan.
• Hubungan satu ke satu, satu ke banyak, kelompok ke kelompok Lambang bilangan.

Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD.

3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga,
teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)

4.7 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh

• mencocokan Keluarga (hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst.),
• teman (nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst.),
• lingkungan geografis (pedesaan/ pantai/
pegunungan/ kota),
• kegiatan orang-orang (di pagi/sore hari, dst.), pekerjaan (petani, buruh, guru, dll.),
• budaya (perayaan terkait adat, pakaian, tarian, makanan, dst.),
• tempat-tempat umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi, terminal, dst.),
• berbagai jenis transportasi (transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu, dan sekarang),
• lambang negara
3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batubatuan, dll.)

4.8 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll.) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh

• bermacam bentuk dan warna daun dan bermacam akar,
• berkembang biak (biji/ stek/ cangkok/ beranak/ membelah diri/daun),
• cara merawat tanaman, dst.,
• gejala alam (angin, hujan, cuaca, siang-malam,mendung, siklus air, dst.), tanah, batu,
• sebab akibat kejadian, dst.
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll.)

4.9 Menggunakan teknologi sederhana
untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll.)

Nama benda, bagian-bagian benda, fungsi, cara menggunakan secara tepat, dan cara merawat.

Alat dan benda yang dimaksud dapat berupa peralatan sekolah, perabot rumah tangga, perkakas kerja, peralatan elektronik, barangbarang bekas pakai.

Selengkapnya Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD dapat anda unduh di sini.

Demikian Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran PAUD, semoga bermanfaat bagi para guru dan pengelola PAUD.

Tinggalkan Komentar