Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah

Contoh.org – Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah.

Dengan mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Tahun Ajaran Baru 2020/2021. Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah

Bahwa tahun ajaran baru 2020/2021 bagi sekolah dari jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah akan dimulai pada 13 juli 2020.

Kita ketahui bersama bahwa sampai dengan menjelang dibukanya tahun ajaran baru di tingkat sekolah dari jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, ternyata Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Oleh karena itu pada masa “New Normal” ini sekolah harus tetap memulai awal tahun ajaran baru 2020/2021 pada bulan Juli 2020.

Untuk menghindari hal-hal yangtidak dinginkan terkait dengan Pandemi Covid-19 ini, maka pemerintah telah memberikan rambu-rambu yang sangat jelas terkait pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19.

Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah

Rambu-rambu tersebut antara lain:

1. Satuan pendidikan yang berada di daerah ZONA HIJAU dapat melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan, setelah mendapatkan izin dari pemerintah daerah melalui dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota.

2. Satuan pendidikan yang berada di daerah ZONA KUNING, ORANYE, dan MERAH, dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

3. Satuan pendidikan harus tetap mengutamakan protokol kesehatan.

4. Jadwal pembelajaran mengenai jumlah hari dalam seminggu dan jumlah jam belajar setiap hari  dilakukan dengan pembagial rombongan belajar (shiff).

5. Perilaku Wajib di seluruh lingkungan  satuan pendidikan:

  1.  Menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau 2 (dua) lapis yang di dalamnya diisi tisu dengan baik serta diganti setelah digunakan selama 4 (empat) jam / lembab.
  2. Cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer).
  3. Menjagajarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter dan tidak melakukan kontak fisik seperti bersalaman dan cium tangan.
  4. Menerapkan etika batuk/ bersin.

6. Dan masih banyak lagi protokol keselamatan yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Covid-19

Guna memperlancar kegiatan pembelajaran tahun ajaran baru 2020/2021 dan menjaga kesehatan dan keselamatan warga sekolah, alangkah bijaknya apabila setiap sekolah membentuk Satuan Tugas Covid-19 di tingkat sekolah.

Berikut ini admin bagikan Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah.

KOP SEKOLAH

KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH SD / SMP / SMA / SMK …………………………….. 
NOMOR …… TAHUN 2020

TENTANG
SATUAN TUGAS PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19
DI LINGKUNGAN SD / SMP / SMA / SMK ……………………………..

KEPALA SEKOLAH SD / SMP / SMA / SMK ……………………………..

Menimbang :

a. bahwa telah terjadi keadaan tertentu dengan adanya penularan Covid-19 yang perlu diantisipasi dampak penyebarannya dengan langkah cepat, tepat, fokus, terpadu bersinergi;
b. bahwa dalam rangka mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi warga SD / SMP / SMA / SMK …………………………….. dari risiko Covid-19;
c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana huruf a dan b di atas, perlu menetapkan Keputusan Sekolah SD / SMP / SMA / SMK …………………………….. tentang Satuan Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan SD / SMP / SMA / SMK ……………………………;

Mengingat :

1. Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular;
2. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan;
3.  Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Memperhatikan :

1. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan lnstansi Pemerintah;

2. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada Satuan Pendidikan;

3. Surat Keputausan Bersama (SKB) Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Tahun Ajaran Baru 2020/2021.

MEMUTUSKAN :

Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA SD / SMP / SMA / SMK ………………………….. TENTANG SATUAN TUGAS PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN SD / SMP / SMA / SMK ……………………………

KESATU :

Menetapkan Satuan Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan SD / SMP / SMA / SMK …………………………… dengan susunan keanggotaan sebagaimana tersebut dalam lampiran keputusan ini.

KEDUA :

Satuan Tugas sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU terdiri atas:
a. Pengarah;
b. Pelaksana.

KETIGA :

Pengarah Satuan Tugas bertugas:
a. memberikan arahan kepada Pelaksana dalam melaksanakan percepatan penanganan covid-19;
b. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan percepatan penanganan covid-19;
c. meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan operasional antisipasi dan penanggulangan penyebaran covid-19.

KEEMPAT :

Pelaksana Satuan Tugas bertugas:
a. menetapkan dan melaksanakan rencana operasional percepatan penanganan covid-19;
b. mengoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan covid-19;
c. melakukan pengawasan pelaksanaan percepatan penanganan covid-19;
d. mengerahkan sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan Covid-19;
e. melaporkan pelaksanaan percepatan penanganan COVID-19 kepada Rektor.

KELIMA :

Dalam melaksanakan tugas, Pelaksana Tugas sebagaimana dimaksud pada diktum KEEMPAT dapat melibatkan dan / atau berkoordinasi dengan semua sumber daya yang ada baik dari internal maupun eksternal kampus.

KEENAM : Biaya yang dikeluarkan akibat diterbitkannya Keputusan ini dibebankan kepada Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS)

KETUJUH : Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di ………………
pada tanggal ………………………. 2020.

Kepala Sekolah

 

Nama ………………………..

NIP…………………………….

Itulah Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah. Bapak / Ibu dapat memodifikasi sesuai dengan keperluan sekolah disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing.

Bapak / Ibu juga perlu menyesuaikan lay out atau tata letak kalimat pada contoh surat keputusan di atas, mengikuti tata cara penulisan Surat Keputusan yang lazim dilakukan.

Baca Juga: Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Pada Orang Sehat Masa Pandemi Covid-19

Demikian informasi terkait Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah.

Semoga bermanfaat bagi Bapak / Ibu yang diberi tugas mempersiapkan dan menyusun Contoh SK Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Tingkat Sekolah.