Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP Tahun 2020

Contoh.org – Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP Tahun 2020

Penilaian hasil belajar peserta didik merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui perkembangan pembelajaran dan menyimpulkan hasil pencapaian pembelajaran peserta didik.

Penilaian hasil belajar peserta didik dapat dilakukan oleh pemerintah, satuan pendidikan, dan pendidik.

Penilaian hasil belajar oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam bentuk tes terstandar baik dalam penyiapan bahan tes, pelaksanaan tes, maupun analisis dan pemanfaatan hasil tes.

Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP Tahun 2020

Penilaian hasil belajar oleh pemerintah umumnya mengukur ketercapaian hasil belajar aspek pengetahuan dan menggunakan bentuk soal yang secara teknis mudah untuk dilakukan penskoran misalnya bentuk soal pilihan ganda.

Oleh karena itu, penilaian hasil belajar yang dilakukan pemerintah belum mewakili seluruh aspek yang dimiliki peserta didik yakni aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Selain itu, penggunaan bentuk soal pilihan ganda belum maksimal menggali kemampuan mendalam dan kemampuan mengungkapkan pengetahuan peserta didik.

Penilaian yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan diharapkan mengukur bukan hanya aspek pengetahuan namun juga aspek sikap dan keterampilan sehingga penilaian yang dilakukan menjadi lebih komperehensif mencerminkan seluruh aspek kompetensi peserta didik.

Selain itu, dalam menilai aspek pengetahuan, pendidik diharapkan menggunakan berbagai bentuk dan teknik penilaian sehingga hasil penilaian pengetahuan bisa lebih otentik dan bermakna.

Untuk mengetahui perkembangan dan pencapaian hasil pembelajaran, para pendidik diharapkan tidak hanya menggunakan tes tertulis namun juga menggunakan bentuk penilaian lain seperti tes lisan dan penugasan.

Penggunaan bentuk penilaian lain ini lebih dapat mencerminkan perkembangan kemajuan dan pencapaian hasil belajar siswa.

Ketika menggunakan tes tertulis, pendidik diharapkan tidak hanya menggunakan bentuk soal pilihan ganda namun dapat juga memperbanyak atau memfokuskan bentuk soal lain seperti uraian sehingga bisa mengukur keterampilan berpikir yang lebih tinggi seperti menganalisis dan mengevaluasi.

Pemilihan bentuk tes tertulis hendaknya disesuaikan dengan karakteristik pengetahuan, kognitif, konten, dan konteks yang ada dalam kompetensi sesuai kurikulum yang berlaku serta mekanisme penilaian.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP Tahun 2020, yang admin tujukan khususnya bagi adik-adik kelas 9 yang akan menghadapi Ujian.

Soal Nomor 1 – 5

1. Bacalah teks berikut!

Ahmad Tohari sangat mengenal kehidupan kalangan bawah dengan baik sehingga ia mampu melukiskannya dengan simpati dan empati yang mampu menggugah pembaca.

Makna kata simpati pada kalimat tersebut adalah….

A. prihatin dengan kondisi orang lain

B. peduli dengan keadaan orang lain

C. keikutsertaan merasakan perasaan orang lain

D. menempatkan diri seolah berada dalam keadaan yang sama dengan orang lain

2. Bacalah teks berikut!

Setiap orang, baik muda ataupun tua, tertarik pada kegiatan-kegiatan yang menarik. Umumnya, kegiatan menarik merupakan kegiatan yang menggembirakan, menyenangkan, dan mengasyikan. Kegiatan menarik dapat berupa permainan, setengah permainan, setengah pekerjaan, atau sepenuhnya pekerjaan, misalnya bermain sepak bola, bermain, sandiwara, memelihara burung perkutut, dan beternak ayam petelur.

Gagasan utama paragraf di atas adalah…

A. Setiap orang tertarik pada kegiatan-kegiatan yang menarik.

B. Kegiatan menarik merupakan kegiatan yang menggembirakan.

C. Kegiatan menarik merupakan kegiatan yang mengasyikan.

D. Kegiatan menarik dapat berupa permainan atau setengah permainan.

3. Bacalah teks berikut!

(1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. (2) Tanpa kenal batasan kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat.  (3) Masalah ini yang disebut-sebut sebagai penyakit gaya hidup ini.  (4) Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat  …

A.(1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

4. Bacalah teks berikut!

1) Buku kumpulan puisi dengan berbagai tema dunia anak-anak ini akan membuat pembaca lebih akrab dengan karya puisi. 2) Apalagi masih jarang buku antologi puisi untuk anak-anak SMP. 3) Penggunaan bahasanya mudah dipahami.  4) Sayang kualitas cetakannya kurang bagus.

Kalimat yang menyatakan kelemahan buku pada teks tersebut pada nomor  …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

5. Bacalah teks berikut

Di era digital, media berperan besar untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya perlindungan anak.  Banyaknya informasi di dunia maya, menjadikan anak rentan mengalami kekerasan.  Penelitian Badan PBB, Unicef tahun 2014 menunjukkan, 69 persen anak Indonesia menyadari dampak penggunaan internet.  Namun, 85 persen di antaranya meyakini dampak itu tidak akan menimpa diri mereka.

Simpulan dari teks tersebut adalah …

A. Banyak anak kurang memahami dampak buruk internet.

B. Dunia maya merupakan hal yang berdampak buruk bagi anak.

C. Penelitian Unicef mengenai dampak yang menimpa anak dari internet.

D. Media mengingatkan masyarakat untuk melindungi anak dari dampak internet.

Soal Nomor 6 – 10

6. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Bak ditimpali malu yang tiada habis.  Si Cacat menangis.  Ia terdiam.  Lidahnya terasa kelu. Badannya gemetar.  Perlahan ia berdiri, ia lepas perban-perban palsu di kakinya.  Ia hapus noda-noda gambaran yang menyerupai borok di badannya. Air mukanya tampak geram, marah, malu.  Marah akan dirinya sendiri.  Geram akan segala ketamakannya.  Malu akan sikap bodoh yang telah ia lakukan.  Ia menangis.  Ia menyesal.

Makna kata ditimpali  pada teks cerita tersebut adalah … .

A. mendapat

B. menjadi

C. merasa

D. membuat

Bacalah teks berikut  untuk mengerjakan soal nomor 7 dan 8!

Tubuh manusia terdiri atas banyak sel dan jaringan, serta sistem yang saling berhubungan. Ketika ada satu bagian yang bermasalah, bagian lainnya bisa ikut bermasalah atau memunculkan tanda-tanda.  Tanda-tanda tersebut  sering kali tidak kita sadari.  Tanda-tanda tersebut dapat berupa goresan putih di kuku, benjolan di bawah kulit, tumit pegal, cegukan yang tidak kunjung berhenti, sering menggigil, sering makan es batu, muncul bintik-bintik di lidah, sering buang air kecil, serta ingin mengambil barang orang lain.

Tanda yang pertama adalah munculnya goresan putih pada kuku. Tidak hanya bintik-bintik merah dan iritasi pada kulit, goresan kecil berwarna putih pada kuku bisa jadi tanda seseorang terkena penyakit kulit psoriasis.  Hasil studi Dermatology Research and Practice menemukan bahwa tanda pada kuku bisa terjadi pada 80-90% pasien. Berdasarkan penelitian, beberapa orang pun mengalami masalah pada kukunya sebelum terjadi masalah pada kulitnya.

7. Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf pertama adalah …

A. Mengapa tiba-tiba muncul goresan putih di kuku?

B. Mengapa tubuh manusia terdiri atas banyak sel dan jaringan?

C. Apa saja tanda-tanda yang muncul ketika tubuh kita bermasalah?

D. Bagaimana cara mengenali tanda-tanda yang muncul di tubuh kita?

8. Pernyataan  yang sesuai dengan paragraf kedua adalah …

A. Munculnya goresan putih di kuku adalah hal yang wajar.

B. Tanda pada kuku tidak pernah muncul pada pasien penyakit kulit.

C. Goresan putih pada kuku merupakan pertanda penyakit kulit psoriasis.

D. Masalah pada kulit tidak ada kaitannya dengan munculnya goresan putih pada kuku.

9. Bacalah kutipan fabel berikut ini!

Dahulu kala di tengah-tengah hutan  yang sangat lebat di atas bukit  terdapat sebuah desa  yang dihuni oleh beraneka  ragam serangga.  Mereka hidup tenteram, rukun, dan damai. Ada keluarga kupu-kupu yang tinggal di atas pohon.   Pak Kumbang dan keluarganya tinggal di dalam sarang yang tergantung di dalam pohon besar.  Kakek Cacing selalu membuat rumah di lubang tanah.  Sekelompok semut hitam dan semut merah tinggal di sarangnya yang saling berdekatan dengan Bapak Laba-laba yang mempunyai rumah jaring.  Ibu Kecoa menempati sebuah sepatu bot, bekas milik manusia yang telah terbuang.

Latar pada kutipan teks tersebut  adalah….

A. di sebuah hutan, tenang

B. di tengah hutan, tenteram

C. di sebuah desa, ramai

D. di hutan, sepi

10. Bacalah teks berikut!

Suara ayam berkokok terdengar begitu nyaring menembus lubang-lubang bilik kamarku. Suara tumbukan alu yang beradu dengan lesung membangunkan aku dari lelapku yang nyenyak. Segera kutersadar dan mengingat bahwa hari ini adalah hari Senin.  Aku bergegas mengambil handuk dan melesat menuju kamar mandi yang letaknya tak jauh dari rumahku. Aku melewati ibu yang sedang sibuk menumbuk padi untuk persediaan makan tiga hari ke depan.  Beberapa detik saja aku memperhatikan ibu, dan melanjutkan kembali niatku untuk mandi di sumur yang ada di belakang rumahku.

Kutipan teks cerpen  tersebut  merupakan bagian….

A. perkenalan

B. puncak konflik

C. awal konflik

D. penyelesaian

Soal Nomor 11 – 15

11. Cermati kutipan cerpen berikut!

Dalam perjalanan, seekor semut kecil bertanya kepada rekannya yang lebih tua, “Ada apa dengan lalat ini? Mengapa dia mati?”. “Oh… itu sering terjadi, ada saja lalat yang mati sia-sia seperti ini. Sebenarnya dia telah berusaha sungguh-sungguh, telah berjuang keras berusaha keluar dari pintu kaca itu. Namun, ketika tak juga menemukan jalan keluar, dia frustasi dan kelelahan hingga terdiam dan akhirnya sekarat dan menjadi menu makan malam kita.”  semut kecil itu mangut-mangut, tetapi masih penasaran dan bertanya lagi, “Aku masih tidak mengerti, bukankah lalat itu sudah berusaha keras? Kenapa tidak berhasil?”

Konflik pada cerita tersebut adalah….

A. perkelahian antara semut dan lalat

B. lalat yang mati untuk keluar dari pintu kaca

C. usaha lalat untuk keluar dari pintu kaca

D. semut kecil penasaran atas kematian lalat

12. Bacalah teks berikut!

Seorang wanita pemerah susu telah memerah susu dari beberapa ekor sapi dan berjalan pulang kembali dari peternakan, dengan seember susu yang dijunjungnya di atas kepalanya. Saat dia berjalan pulang, dia berpikir dan membayang-bayangkan rencananya ke depan. “Susu yang kuperah ini sangat baik mutunya,” pikirnya menghibur diri, “akan memberikanku banyak cream untuk dibuat. Aku akan membuat mentega yang banyak dari cream itu dan menjualnya ke pasar dan dengan uang yang kumiliki nantinya, aku akan membeli banyak telur dan menetaskannya, Sungguh sangat indah kelihatannya apabila telur-telur tersebut telah menetas dan ladangku akan dipenuhi dengan ayam-ayam muda yang sehat.” Ketika dia sedang memikirkan rencana-rencananya yang dirasanya sangat pandai, dia menganggukkan kepalanya dengan bangga, dan tanpa disadari, ember yang berada di kepalanya jatuh ke tanah, dan semua susu yang telah diperah mengalir tumpah ke tanah, dengan itu hilanglah semua angan-angannya tentang mentega, telur, ayam, baju baru beserta kebanggaannya.

Penyebab konflik yang dihadapi tokoh pemerah susu dari cuplikan di atas adalah….

A. tokoh tidak memiliki uang untuk membeli telur, mentega, dan ayam

B. tokoh banyak berangan-angan, sehingga kecewa ketika embernya tumpah

C. angan-angan tokoh tentang mentega, telur, ayam dan kebanggaannya telah hilang

D. ember yang berisi susu di kepalanya jatuh,  ketika sedang memikirkan rencananya

13 Bacalah teks berikut

Aku ingin mereka menyadari bahwa aku hanya seseorang yang iseng menuliskan sesuatu, dan sialnya banyak orang beranggapan aku begitu serius dan hebat.  Mereka tertipu oleh sesuatu yang bahkan tidak terbersit sedikitpun dalam niatanku. Aku ingin bilang kepada mereka semua, berhentilah bertanya kepadaku. Berhentilah menunggu kalimat-kalimatku selanjutnya. Berhentilah berharap akan ada hal hebat yang kuucapkan.

Walau demikian, ayahku sangat semangat bekerja dengan harapan kelak anak-anaknya menjadi sarjana.  Ayahku selalu mendorong kami menjadi anak-anak yang sukses.

Akibat konflik pada kutipan cerita tersebut adalah tokoh Giska ….

A. Kecewa

B. marah-marah

C. gembira

D. bergembira ria

14. Bacalah teks berikut

Alkisah, di suatu masa, Kadipaten Cilacap terancam oleh serangan bajak lau dari negeri seberang. Mereka merusak, membakar, dan menjarah kekayaan penduduk pesisir. Lantas, penguasa Mataram mengirimkan empat perwira nan sakti, yakni Jaga Playa, Jaga Praya, Jaga Resmi, dan Jaga Laut. Mereka membangun benteng pertahanan di sekitar Pulau Nusakambangan. Berkat kehebatan para prajurit Mataram itu, perairan Cilacap aman, bebas dan mencapai zaman keemasan.

Makna simbol zaman keemasan pada teks tersebut adalah….

A. zaman terang

B. masa kejayaan

C. emas berlimpah

D. tambang emas

Baca Juga: Contoh Soal Ujian IPA SMP Tahun 2020

15. Cermati kutipan teks berikut!

(1) Setelah mencium tangan ibunya dan mengucap salam, Ani berlari keluar rumah. (2) Teman-temannya sudah menunggu di halaman, ada Fatiha, Tari, dan Rita. (3) Mereka akan pergi ke sekolah bersama-sama.  (4) Ibu Ani melepas kepergian mereka dengan senyum.

Bukti bahwa watak Ani hormat pada orang tua terdapat pada kalimat nomor….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Soal Nomor 16 – 20

16. Perhatikan kutipan cerita anak berikut!

Kehidupan ini begitu sederhana, ayahku hanya lulusan SMA dan ibuku lulusan D3.  Mereka berjuang keras untuk menghidupi kami bertiga.  Kedua orang tuaku hanya seorang pedagang batik di pasar Bringharjo.  Ibu membantu ayah karena ayah mempunyai masalah dengan pendengarannya.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah…

A. Jangan menyerah pada keadaan/nasib.

B. Jangan suka mengejek orang miskin.

C. Jangan muluk-muluk dalam bercita-cita.

D. Utamakan kondisi keluarga.

17. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan seksama!

Pada waktu istirahat aku memakan bekal yang dikasih oleh Sasha.  Rasanya enak banget.  Ketika aku hendak menyantap untuk kedua kalinya, tiba-tiba Ziska menjatuhkan bekal itu dari bangku ke bajuku.  Sayur yang hangat menumpahi bajuku lalu Ziska menginjak bekal dari Sasha. Kemudian Sasha pun datang. “ Ada apa ini?”  Lihat! Masak anak gembel kaya dia bawa bekal enak seperti itu. Gak mungkin kan, ya udah aku buang saja daripada dia makan barang haram. “ Enak saja, bekal itu pemberian dariku tau…! Aku gak mau temenan sama kamu lagi…!!!”

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Sasha dalam kutipan tersebut adalah….

A. penceritaan tokoh lain

B. dialog antartokoh

C. penggambaran fisik

D. penyebutan langsung

18. Bacalah teks berikut

Minat siswa yang kurang terhadap materi pelajaran yang disampaikan menjadi salah satu penyebab kegagalan siswa.  Minat belajar sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Guru memiliki tanggung jawab untuk selalu memotivasi siswa agar berhasil menyelesaikan tugas belajar mereka dengan baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa yaitu melalui proses pembelajaran menggunakan media yang menarik. Misalnya dalam proses pembelajaran praberhitung menggunakan media interaktif berbentuk compact disk. Media interaktif ini disajikan dalam bentuk permainan sehingga siswa tidak merasa bahwa ia sedang belajar.  Hal ini membuat pengalaman belajar yang menyenangkan.

Ringkasan yang tepat kutipan teks tersebut adalah …

A. Minat belajar sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran dan cara menumbuh-kannya melalui proses pembelajaran yang menarik.

B. Kurang berminatnya siswa terhadap pelajaran dapat diatasi dengan cara membuat pengalaman belajar yang menyenangkan.

C. Guru memiliki tanggung jawab untuk memotivasi siswa dalam belajar melalui proses pembelajaran dan media yang menarik.

D. Kurang berminatnya siswa terhadap materi pelajaran dapat diatasi melalui proses pembelajar-an dan media yang menarik.

19. Bacalah teks berikut!

Hutan bakau sangat penting guna menahan laju [ … ] yang terjadi akibat gelombang besar air laut.

Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

A. konservasi

B. reklamasi

C. reboisasi

D. abrasi

20. Bacalah teks berikut!

Ratu pada lebah hanya berjumlah satu ekor.  Ratu dapat kawin dengan beberapa jantan pada umur lebih kurang 23 hari setelah diletakkan.   Lebah Ratu ini dapat hidup sampai dengan umur 4-6 tahun. Lebah jantan bertugas mengawini ratu.

Kesalahan ejaan terdapat pada kata ….

A. Lebah Ratu

B. Lebah jantan

C. ekor

D. kawin

Selengkapnya Contoh Soal Bahasa Indonesia Ujian Sekolah, dapat Anda unduh di sini.

Demikian Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia SMP Tahun 2020, semoga bermanfaat bagi Anda yang akan mengikuti ujian.

Tinggalkan Komentar