Contoh Soal Pedagogik UKM PPG IPA-SD

Contoh.org – Contoh Soal Pedagogik UKM PPG IPA-SD.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya salah satunya adalah meningkatkan kompetensi guru. Contoh Soal Pedagogik UKM PPG IPA-SD.

Menyadari peran pentingnya guru sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pendidikan, maka rekrutmen guru mulai diperketat.

Guru profesional tidak serta merta dapat dihasilkan oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK), maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam ditempuh melalui dua jalur yaitu:

1. Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan

2. Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan diperuntukkan bagi Guru PNS dan Non PNS yang sudah mengajar di satuan pendidikan.

Sedangkan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1 atau D4 Non Kependidikan.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan ditempuh dalam rangka memperoleh predikat guru profesional yang dibuktikan dengan Sertifikat Pendidik.

Guru yang telah memiliki Sertifikat Pendidik akan berhak memperoleh tunjangan profesi sebesar 1 kali gaji pokok setiap bulannya.

Namun untuk dapat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan harus melalui serangkain proses yang cukup panjang.

Dimulai dengan seleksi administrasi dan seleksi akademik, mengikuti perkuliahan, mengikuti PPL, dan terakhir mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa (UKM) PPG.

Contoh Soal Pedagogik UKM PPG IPA-SD

Contoh Soal Pedagogik UKM PPG IPA-SD.

Berikut admin bagikan Contoh Soal Pedagogik UKM PPG IPA-SD beserta kunci jawab dan pembahasannya.

Contoh Soal:

Pak Ranto akan mengajarkan materi IPA tentang konsep pemuaian pada logam kepada para siswanya. Pembelajaran dilaksanakan dalam setting model pembelajaran kooperatif melalui pembentukan kelompok-kelompok kecil. Kegiatan diarahkan pada upaya membuktikan bahwa sebagian besar logam apabila dipanasi akan memuai.

Metode yang sebaiknya digunakan pak Ranto adalah … .

A. demonstrasi

B. eksperimen 

C. tanya-jawab

D. diskusi

E. ceramah

Pembahasan:

Kegiatan untuk membuktikan bahwa sebagian besar logam apabila dipanasi akan memuai lebih sesuai disajikan dengan metode eksperimen.
Metode eksperimen merupakan cara penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari melalui kegiatan terinci yang direncanakan untuk enghasilkan data dalamrangka menjawab suatu masalah atau menguji sesuatu hipotesis.

Contoh Soal:

Perhatikan pernyataan tentang tugas praktik di bawah ini!

Disediakan kantung plastik, benang, dan telur mentah. Rancanglah sebuah parasut sederhana menggunakan bahan yang disediakan untuk menurunkan atau menjatuhkan telur mentah dari ketinggian tertentu agar tidak pecah.
Rubrik yang sesuai untuk memberikan penilaian terhadap siswa bahwa siswa kreatif melakukan percobaan sesuai soal tersebut adalah … .

A. siswa diberikan nilai sempurna apabila berhasil membuat parasut sederhana walaupun tidak mampu menjatuhkan telur dari ketinggian tertentu dengan tidak pecah.

B. siswa diberikan nilai sempurna apabila mampu bekerja sama dengan siswa lainnya untuk membuat parasut sederhana.

C. siswa diberikan nilai sempurna apabila membuat parasut dengan diujicoba terlebih dahulu menggunakan kerikil atau bahan lain yang memiliki massa hampir sama dengan massa telur mentah

D. siswa diberikan nilai sempurna apabila telah membuat parasut dengani bantuan bimbingan guru dan menyelesaikannya tepat waktu walaupun parasut tidak dapat diterbangkan

E. siswa diberikan nilai sempurna apabila membuat parasut dengan menghabiskan kantung plastik paling sedikit walaupun parasut tidak dapat diterbangkan

Pembahasan:

Rubrik penilaian terhadap kemampuan dan kreativitas siswa dalam melakukan percobaan sesuai soal tersebut yaitu:

Siswa diberikan nilai sempurna apabila membuat parasut dengan diujicoba terlebih dahulu menggunakan kerikil atau bahan lain yang memiliki massa hampir sama dengan massa telur.

Hal ini dikarenakan ada unsur kreatif melalui ujicoba parasut pada kerikil atau bahan lain yang massanya mendekati massa telur mentah.

Contoh Soal:

Soal di bawah ini yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA adalah … .

A. benda-benda apa sajakah yang dapat ditarik magnet!

B. apa yang kalian ketahui tentang gaya magnet?

C. mengapa peniti dalam kotak kertas dapat ditarik magnet yang di taruh di luar kotak?

D. sebutkan macam-macam magnet berdasarkan bentuknya!

E. apa yang dimaksud dengan magnet buatan?

Pembahasan:

Soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi harus melibatkan keterampilan berpikir siswa

dan mampu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah terhadap masalah yang disajikan guru.

Salah satunya ditandai dengan kata Tanya mengapa atau bagaimana.

Contoh Soal:

Bu Santi hendak membelajarkan materi gelombang bunyi di kelas sekaligus ingin melakukan PTK. Pada pembelajaran yang pernah dilakukannya banyak siswa yang tidak dapat mencapai KKM. Ia bingung masalah apa yang hendak diangkat dalam penelitian. Bu Santi mencoba membuat pertanyaan refleksi terhadap pembelajarannya.

Contoh pertanyaan yang dapat membantu Bu Santi mengidentifikasi masalah PTKnya adalah … .

A. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perambatan bunyi?

B. Apakah strategi pemberian tugas dan jenis bahan pelajaran yang diberikan dalam pembelajaran gelombang bunyi cukup menantang siswa?

C. Bagaimana cara membuktikan hubungan antara medium perambatan dan kecepatan merambat bunyi?

D. Apakah kebiasaan sarapan pagi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran gelombang bunyi?

E. Bagaimana cara mendemonstrasikan gejala perambatan gelombang bunyi pada benda padat?

Pembahasan:

Permasalahan yang diambil sebagai rumusan permasalahan dalam PTK berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran sehingga diharapkan berdampak pada aktivitas siswa yang mampu membantu memperbaiki hasil belajarnya.

Salah satu contohnya pada kasus yang diberikan pada soal yaitu dengan memikirkan apakah suatu strategi cukup memberikan tantangan bagi siswa selama proses pembelajaran

Baca Juga: Contoh Pembagian Jaringan Tema Menjadi Jaringan Subtema dan Harian

Demikian Contoh Soal Pedagogik UKM PPG IPA-SD beserta kunci jawab dan pembahasannya.

Semoga menambah wawasan Bapak atau Ibu guru yang sedang mengikuti PPG dalam Jabatan dan akan mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa (UKM) PPG.