Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB SMA Jateng

Contoh.org – Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB SMA Jateng

Salah satu upaya untuk menghadirkan pendidikan yang bermutu adalah penataan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Hal ini wajib dilakukan untuk memberi layanan akses yang berkeadilan bagi masyarakat, upaya pemerataan mutu pada semua satuan pendidikan, dan mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Selain hal tersebut, keterbatasan daya tampung sekolah dan kecenderungan terpusatnya peserta didik pada sekolah tertentu menjadi perhatian untuk segera dilakukan perubahan yang mendasar.

Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus akan berkontribusi terhadap menurunnya mutu pembelajaran maupun layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah.

Dinamika kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjadi bagian dari kehidupan keseharian masyarakat pendidikan pada umumnya

harus mampu pula diikuti oleh penyedia layanan pendidikan, baik itu Pemerintah, Pemerintah Daerah, maupun oleh  asyarakat.

Kondisi ini merupakan sesuatu hal yang wajib diharmonisasikan untuk menjaga gerak penguasaan tehrologi dan infonnasi mampu menjawab dan memberikan kemanfaatan yang lebih besar.

Salah satu upaya atas pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dimaksud, antara lain dengan implementasi layanan Penerirnaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring ata Online.

Alasan utama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam kerangka pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring yang dirancang secara real time (basic waktu) tentu akan memberikan banyak kesempatan bagi masyarakat pengguna

dalam menentukan pilihan studi lanjut bagi calon peserta didik, maupun bagi para orang tua yang melaksanakan tanggungjawabnya terhadap pendidikan putem dan puterinya.

Melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring, masyarakat pengguna layanan akan dengan cepat memperoleh informasi, dan pada saat yang bersamaan pula masyarakat memiliki waktu untuk menentukan pilihan-pilihan lain.

Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB  SMA Jateng

Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB SMA Jateng

Prinsip dasar ditetapkannya Petunjuk Teknis ini adalah untuk menjamin penerimaan peserta didik baru terselenggara secara .
1. obyektif, artinya PPDB harus diselenggarakan sec.ara obyekif;

2. transparan, artinya pelaksanaan PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru, untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi;

3. akuntabel, artinya PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya,

4. tidak diskriminatif, artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa membedakan suku, daerah asal, agama, golongan, dan status sosial (kondisi ekonomi);

5 berkeadilan artinya tidak memihak pada kepentingan dari kelompok apapun.

Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Jateng

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Provinsi Jawa Tengah dilakukan dengan menggunakan 4 (empat) jalur yaitu.

1. Jalur Zonasi
Zonasi adalah wilayah Desafl(elurahan dalam jarak terdekat dengan satuan Pendidikan yang ditetapkan oleh Kepala Dinas berdasarkan usulan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Kuota calon peserta didik baru melalui jalur Zonasi sebesar paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung,

yang dilakukan seleksi berdasarkan jarak ternpuh terdekat domrsili calon peserta didik yang ditetapkan berdasarkan jarak Kantor Desa / Kelurahan menuju ke Satuan Pendidikan di wilayah zonasinya.

2. Jalur Afirmasi
Jalur afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, calon peserta didik dari panti asuhan,

dan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-l9, melakukan pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 di lapangan dan memiliki risiko tertular Covid-l9,

Calon peserta didik yang wajib diterima melalui Jalur Afirmasi paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah.

3. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali
Jalur PPDB perpindahan tugas orang tua/wali yakni jalw yang disediakan bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orang tua/wali yang dibuktikan dengan surat penugasan orang tua/walib.

Calon peserta didik pada jalur perpindahan tugas orang tualwali yang diterima paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung yang tersedia pada satuan pendidikan.

4. Jalur prestasi
Jalur PPDB Prestasi adalah jalur PPDB yang menggunakan seleksi prestasi calon peserta didik.

Calon peserta didik pada jalul prestasi yang diterima paling banyak 30% (tiga puluh persen) dari daya tampung yang tersedia pada satuan pendidikan.

Syarat Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA

Kelengkapan administrasi yang harus dipersiapkan oleh calon peserta didik SMA pada saat akan melakukan pendaftaran:

a. Jalur Zonasi
1) Buku Rapor SMP/sederajat.
2) Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
3) Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan iJazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.
4) Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru, dan belum menikah;
5) Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB atau dapat diganti dengan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
6) Bagi calon peserta didik dari pondok pesanten menggunakan surat keterangan bahwa pondok pesantren terdaftar pada Educational Managernent Islamic System (EMIS) yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota serta Surat Keterangan telah mukim sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun di pondok pesantren.
7) , Bagi calon peserta didik dari Panti Asuhan/Sosial yang dikelola oteh Pemerintah menggunakan surat keterangan kelayan dari, lembaga pengelola panti Asuhan/Sosial, sedangkan calon peserta didik dari Panti Asuhan/Sosial yang dikelola oleh masyarakat harus telah berbadan hukum

b. Jalur Afirmasi
1) Buku Rapor SMP/sederajat.
2l Surat Keterimgan Nilai Rapor Sernester I – V SMP/Sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
3) ljazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang beqpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat;
4l Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran bwu202012021, dan belum menikah;

5) Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB atau dapat diganti dengan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
6) Terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) dan/atau menyertakan bukti keikutsertaan dalam program penanganan kemiskinan dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah (KIP, PKH, dan bukti lain yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah), data bersumber dari Kementerian Sosial RI dan/atau Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
7) Calon peserta didik yang berasal dari panti asuhan ditetapkan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
8) Terdaftar dalam hasil pendataan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-19, melakukan pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung pasien dan/atau orang dengan kasus Covid-19 yang memiliki risiko ternrlar Covid-19 yang ditetapkan oleh Dinas KesehatanProvinsi Jawa Tengah.
9) Surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan hovinsi yang bersangtutan khusus bagi calon peserta didik yang merupakan putera/puteri tenaga kesehatan dan tsnaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-19, melakukan pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung pasien dan/atau orang dengan kasus Covid-19 yang memiliki risiko tertular Covid-19 dengan wilayah kerja di luar Provinsi Jawa Tengah, dan masih tercatat sebagai warga Provinsi Jawa Tengah.

c. JalurPerpindahan Orang Tua
I ) Buku Rapor SMP/sederajat.
2) Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
3) ljazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan rjazah SMP/ijazah Program Paket Blljazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat.
4) Akta kelahran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru, dan belum menikah.
5) Surat penugasan dari instansi, lernbaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
6) Calon peserta didik yang merupakan anak guru dibuktikan dengan Surat Pemyataan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dilampiri Surat Keputusan/ Penugasan dari pejabat yang berwenang

7) Kartu Keluarga di luar zonasi.

8) Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa orang tua calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili di wilayah tersebut terhitung setelah tanggal penugasan.

d. Jalur Prestasi
1) Buku Rapor SMP/sederajat.
2) Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
3) ljazah SMP/sederajat atau surat ketemngan yalrg berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Ptogram Paket B /ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat.
4) Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru, dan belum menikah.
5) Kartu Keluarga yang masih berlaku

6) Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan, yang diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Sehubungan dengan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan secara online dan untuk memastikan kebenaran dokumen,

maka calon peserta didik diminta membuat Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB yang digunakan untuk mendaftar.

Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB SMA Jateng dapat anda unduh di sini.

Baca Juga: Contoh Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak

Demikian ulasan terkait Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB sebagai kelengkapan syarat pendaftaran peserta didik baru di SMA Provinsi Jawa Tengah.

Tinggalkan Komentar