Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli – Meski disebut sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat, kemunculan sosiologi masih tergolong baru.

Bahkan jika dibandingkan dengan ilmu pengetahuan mengenai masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, sosiologi juga dikatakan muncul sebagai hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan manusia.

Sebagai buktinya, dua filsuf besar di zaman Yunani Kuno yaitu Aristoteles dan Plato pernah menulis buku tentang menciptakan sebuah masyarakat yang adil serta bahagia.

Ada juga Ibnu Khaldun, cendekiawan dari Timur, yang menulis tentang integrasi sosial dan peradaban manusia di abad ke-14. Tiga karya tersebut sudah ada jauh sebelum sosiologi ditemukan.

Pada perkembangan ilmu ini, para penggagasnya menghabiskan waktu puluhan tahun untuk mencari orientasi yang sesuai dengan bidang ini.

Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli

Pada awal mula kemunculan sosiologi banyak terjadi peristiwa bersejarah dalam peradaban manusia.

Dua diantaranya bahkan mempunyai pengaruh terhadap perkembangan ilmu sosiologi.

Pertama adalah revolusi politik yang terjadi di Perancis pada abad ke-18 sampai 19. Peristiwa ini membuat fokus sosiologi bergeser kepada pembuatan ketertiban dan perubahan sosial.

Kedua adalah Revolusi Industri yang menjadi titik kemunculan kapitalisme serta sosialisme. Hal ini juga turut mempengaruhi perkembangan ilmu sosiologi.

Selama abad ke-18, tercatat ada tiga tokoh yang secara spesifik membahas tentang sosiologi. Yang pertama Herbert Spencer pada tahun 1876, lalu Lester F. Ward pada tahun 1883, dan Emile Durkheim.

Pada abad ke-19 ada dua nama terkenal yang cukup berpengaruh pada sosiologi, yaitu Max Weber dan Karl Marx.

Saat memasuki abad 20, sosiologi berkembang lumayan cepat hingga menjadi bagian dari ilmu sosial yang sangat diminati di Amerika Serikat.

Saat itu, banyak ilmuwan mempelajari sosiologi karena kehadiran urbanisasi dan industrialisasi yang masif di daerah perkotaan Amerika Serikat.

Setelah abad ke-21, lahirlah aliran baru sosiologi yang saling mengkritik satu sama lain seperti poststrukturalisme, postmodernisme, postkolonialisme, dan post-positivisme.

George Ritzer yang mendukung pergerakan ini dengan rumusannya mengenai sosiologi sebagai studi yang memuat paradigma plural.

Baca Juga: Contoh Jurnal Perkembangan Sikap

Pengertian Sosiologi

Meski lahir pada awal tahun 1838, sosiologi baru bisa diterima sebagai ilmu empiris pada abad ke-19 akhir.

Kemunculan berbagai dinamika sosial dalam kehidupan masyarakat ikut mempengaruhi penerimaan ini. Sehingga pembaharuan pun bisa terus terjadi.

Kemudian, karena ilmu ini lebih berfokus pada kemasyarakatan banyak pakar akademis dari berbagai perguruan tinggi mencoba menjelaskan ilmu ini.

Berikut ini adalah beberapa pengertian sosiologi menurut para ahli.

1. Auguste Comte

Sebagai orang yang mencetuskan konsep sosiologi, Comte mengatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu positif.

Artinya dalam mempelajari berbagai gejala sosial yang ada dalam masyarakat, sosiologi sangat berlandaskan pada logika ilmiah dan rasional.

2. Karl Marx

Sedangkan Karl Marx dalam The Communist Manifesto mempercayai bahwa sosiologi bisa melawan penindasan dan melahirkan masyarakat tanpa kelas.

Karl Marx yakin bahwa sebenarnya masyarakat harus dibebaskan dari sistem kapitalis.

3. Max Weber

Menurut Max Weber, sosiologi bisa diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari pengaruh timbal balik dan hubungan antara berbagai gejala sosial seperti gejala moral, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala ekonomi).

4. Emile Durkheim

Pengertian sosiologi menurut Emile Durkheim ialah ilmu yang mengkaji institusi sosial serta fakta yang ada dalam berbagai tatanan masyarakat.

Durkheim percaya bahwa dari kumpulan fakta yang berhubungan dengan cara bertindak dan berpikir itu, ada kekuatan yang bisa mengendalikan sebuah individu.

5. Pitirim Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beragam gejala sosial, gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan ciri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala sosial lain

6. Albert J. Reiss, Jr

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kelompok-kelompok sosial yang membentuk organisasi sosial atau lembaga sosial, dan pranata sosial serta dampak yang ditimbulkannya.

7. Meta Spencer dan Alex Inkeles 

Sosiologi adalah ilmu tentang kelompok hidup manusia.

8. David Popenoe

Sosiologi adalah ilmu tentang interaksi manusia dalam masyarakat sebagai suatu keseluruhan.

9. Roucek dan Warren

sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok sosial.

10. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

sosiologi adalah penelitian ilmiah tentang interaksi sosial yang menghasilkan organisasi sosial.

11. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers

sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

12. Paul B. Horton

sosiologi adalah ilmu yang memusatkan pemahaman mengenai kehidupan kelompok dan produk kehidupan yang dihasilkannya.

13. William Kornblum

sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

14. Allan Jhonson

sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku sosial serta pengaruh individu terhadap individu lain dan terhadap sistem sosial.

15. P.J. Bouman

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antarmanusia dalam hubungan antar individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.

16. Georg Simmel

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dalam konteks individu secara khusus dan tidak terikat, namun menghasilkan interaksi sosial sebagai realitas sosial.

Nursid Sumaatmadja

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang hubungan sosial, artinya bahwa manusia adalah makhluk aktif yang mengadakan kontak sosial dengan interaksi sosial yang berupa tingkah laku dan dapat saling mempengaruhi.

Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

Baca Juga: Indeks Sinar Ultraviolet (UV) Wajib Anda Ketahui

Soerjono Soekanto

sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Hassan Shadily

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang cara individu-individu di dalam masyarakat agar dapat hidup bersama dengan membentuk ikatan-ikatan antar individu serta cara untuk memaknai dan mengendalikan tujuan hidup bersama dengan membentuk perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia.

 

Tinggalkan Komentar